Kerajinan Industri Kreatif Dompet Eksklusif Di Surabaya

0 261

Kerajinan Industri Kreatif Dompet Eksklusif Di Surabaya

Menekuni industri kreatif bukan hanya sebagai ladang menggali pundi-pundi uang. Bagi Dwi Ana Lisiati, warga Bratang Wetan 1C, Kelurahan Ngagel Rejo, Kecamatan Wonokromo, Surabaya, kerajinan tas dan dompet yang ia buat harus eksklusif. Setiap detail payet atau pernak pernik yang ia pasang pada tas dan dompet selalu menekankan kualitas. Sejak memproduksi tas dan dompet pada 2013, Ana, sapaan akrabnya memilih mengerjakan kerajinannya sendiri. Mulai dari menjahit tas dan dompet hingga memasang payet manik-manik ataupun hiasan batu-batuan.

Kesan mewah yang ia berikan pada produknya mulai dari kualitas hiasan batu dan payet hingga kemasan eksklusif. Kemasan itu ia buat sendiri mulai dari karton hingga kain spunbond. Harga dompet wanita yang dibuat Dwi dalam kisaran Rp 5.000 hingga Rp 125 ribu, tergantung dari ukuran dan juga bahan yang dipakai. Hiasan dari batu-batuan dan manik-manik, juga menentukan harga dari dompet. Ia juga siap menerima pesanan motif yang disesuaikan keinginan pembeli.

Selain itu dia juga membuat tas dengan motif batik tanpa hiasan batu-batuan, karena tidak semua konsumen menyukai dompet yang dihiasi batu hias, akan tetapi kain batik yang digunakan tidak sembarangan, karena pasar yang dituju adalah kalangan menengah atas. Dalam sebulan, omset Ana terbilang masih rendah hanya Rp 2,5 juta hingga Rp 3,5 juta. Namun, saat orderan sedang banyak, ia bisa meraup hingga Rp 20 juta. Perjuangan Ana mencapai usaha yang dikenal dan mendapat pesanan dari berbagai toko baik offline maupun online bukan hal yang mudah.

Source http://surabaya.tribunnews.com http://surabaya.tribunnews.com/2018/03/05/ingin-beri-kesan-eksklusif-ana-ciptakan-tas-dan-dompet-dengan-desain-terbatas?page=2
Comments
Loading...