Kerajinan Ingke Di Lombok Utara

0 236

Kerajinan Ingke Di Lombok Utara

Memberdayakan masyarakat desa, terutama kaum perempuan agar mampu mandiri dengan penghasilan yang cukup. Pemerintah Desa Medana, Kecamatan Tanjung, Lombok Utara, telah melaksanakan pelatihan program kerajinan tangan Ingke, piring makan yang terbuat dari stik (lidi) daun kelapa.

“Kita sudah melakukan pelatihan kepada anggota kelompok yang ada. Kita targetkan selama lima hari latihan, hasilnya sudah bisa maksimal,” kata Jamaludin seraya menyatakan, selain kaum perempuan, laki-laki juga berminat dengan program ini.

Di Lombok Utara, Ingke sebenarnya sudah tidak asing lagi. Pada mulanya, Ingke dipergunakan sebagai tempat Sesajen oleh ibu-ibu umat Hindu, di samping sebagai perabotan rumah tangga tempat berbagai macam makanan atau jajanan, buah-buahan dan juga bumbu dapur.

Tetapi di jaman modern sekarang ini, Ingke menjadi perabotan yang memiliki nilai yang unik, bahkan terkesan mewah. Apalagi di kalangan rumah tangga di perkotaan, Ingke mendapat tempat istimewa di antara perabotan rumah tangga lainnya.

Untuk menyuguhkan makanan dan buah-buahan dengan Ingke, terkesan sangat eksklusif. Di samping itu, pada acara-acara resepsi dan pesta, baik yang diselenggarakan pribadi, swasta maupun instansi pemerintah, Ingke adalah pilihan utama sebagai penggati piring.

Artinya dengan perkembangan seperti itu, maka Ingke saat ini telah menjadi salah satu komoditi ekonomi dari sektor kerajinan. Ingke dapat dikatakan sudah menjadi produk industri rumah tangga yang mampu menghasilkan pendapatan signifikan bagi para pekerjanya.

Di Lombok Utara, produk ini memiliki nilai jual yang cukup bagus, mulai dari harga Rp 2000 hingga Rp 2500 untuk satu unit Ingke. Bahkan produk ini juga diminati pasar diluar daerah pulau Lombok, seperti di Pulau Sumbawa.

Untuk di Desa Medana, kini telah dibentuk dua kelompok kegiatan, dengan satu kelompok beranggotakan 10 orang yang di pandu 2 orang tutor atau guru, khususnya kaum perempuan, pembuatan kerajinan tangan Ingke sangat cocok diterapkan untuk mengatasi pengangguran.

Source Kerajinan Ingke Di Lombok Utara Kerajinan Ingke Di Lombok Utara
Comments
Loading...