Kerajinan Jas Hujan Batik Di Pekalongan

0 158

Kerajinan Jas Hujan Batik Di Pekalongan

Musim penghujan di awal tahun intensitasnya sangat tinggi sekali, sehingga terkadang menyebabkan hampir setiap hari terjadi hujan. Bagi sebagian orang, hujan akan memberikan dampak positif, namun bila hujan terlalu sering dengan curah yang tinggi dan berpotensi menyebabkan banjir tentunya ini akan menjadikan bencana.

Tak elaknya bagi para pengrajin batik Santi pemilik Batik Parasantique di Jl. Molek Baru, Perumahan Villa Bina Griya No. 9, Pringlangu, Pekalongan Barat, Kota Pekalongan, Jawa Tengah hujan akan sangat menghambat sekali proses produksi batik, apalagi hujan yang terjadi di siang hari. Pasalnya dengan terjadinya hujan di siang hari otomatis cahaya dan panas matahari tidak akan turun hingga ke bumi. Padahal seperti diketahui bersama bahwa proses produksi batik sangat tergantung dan membutuhkan bantuan cahaya dan panas matahari.

Memang sangat dimungkinkan pengeringan menggunakan alat bantu pemanas buatan ataupun oven, namun penggunaaan alat bantu pemanas ini sangatlah tidak efektif dan tidak efisien. Hal ini disebabkan oleh hasil pewarnaan yang kurang bagus, karena tidak mendapatkan cahaya matahari yang mengandung beberapa sinar ultraviolet yang membantu pencerahan warna. Selain itu dengan pemanas buatan proses pengeringan kain batik juga berpotensi tidak merata. Dan hal lain yang sangat dipikirkan oleh pengrajin batik adalah investasi dan biaya yang dikeluarkan untuk pemanas buatan ini sangatlah besar biayanya.

Proses produksi batik terpaksa harus dihentikan dahulu, namun kebutuhan ekonomi dan perputaran modal bagi pengusahan batik haruslah tetap berjalan, sehingga memaksa pengrajin batik untuk berinovasi. Salah satu inovasi yang dihasilkan dan sangat cocok untuk bisnis di musim penghujan dengan tidak menyimpang dari core bisnis batik adalah dengan melakukan pembuatan jas hujan batik.

Usaha keras, inovatif dan kreatif melalui pembuatan jas hujan batik ini ternyata mendapatkan hasil yang sangat fantastis, dimana jas hujan batik ini sangat banyak permintaannya. Dengan demikian roda ekonomi para pengrajin batik tetap bisa berputar walaupun di cuaca yang tidak mendukung dilakukannya proses produksi batik

Source Kerajinan Jas Hujan Batik Di Pekalongan Kerajinan Jas Hujan Batik Di Pekalongan
Comments
Loading...