Kerajinan Jemuran Bambu Di Kebumen

0 171

Kerajinan Jemuran Bambu Di Kebumen

Minimnya lahan untuk menjemur pakaian, terlebih di kawasan perkotaan sering kali membuat ibu rumah tangga kebingungan. Persoalan sepele tersebut terkadang menjadi keluhan ibu rumah tangga yang harus dipecahkan, apalagi saat musim hujan telah tiba seperti sekarang ini.

Berawal dari disitu, Edi Saputra, warga Clebok, Desa Tresnorejo, Kecamatan Petanahan, mecoba menemukan solusi yang tepat dan melihat ada peluang bisnis. Diciptakanlah kerajinan jemuran berbahan baku bambu yang dapat dilipat.

Ide usaha kerajinan ini awalnya berangkat dari banyaknya bambu yang kurang dapat dimaksimalkan dengan baik. Selain itu, ide ini muncul juga karena banyaknya keluhan dari masyarakat, khususnya ibu rumah tangga terkait mahalnya harga jemuran berbahan dasar aluminium yang di jual di toko-toko. Selain mahal, banyak juga yang mengeluh jemuran dari aluminium tersebut cepat rusak, papar Edi.

Edi mengungkapkan, bahan baku bambu didapatkannya dari wilayah setempat. Setelah mendapatkan bambu, dia mulai memotong satu per satu dan membuatnya menjadi beberapa potong sesuai ukurun yang diharapkan. Setelahnya, potongan tersebut dikreasikan menjadi jemburan.

Tak hanya itu, Edi juga memberikan sentuhan warna pada jemuran bambu buatannya agar terlihat menarik. Dalam satu hari, Edi mengaku mampu memproduksi 2-3 jemuran. Setiap satu jemuran dipatok harga sebesar Rp 150 ribu.

Untuk sementara kerajinan jemuran ini kita pasarkan hanya di wilayah Kebumen, mengingat daya produksi yang belum cukup banyak,” ujarnya.

Source http://kebumen.sorot.co http://kebumen.sorot.co/berita-2958-unik-pemuda-ini-kembangkan-usaha-kerajinan-jemuran-dari-bambu.html
Comments
Loading...