Kerajinan Jok Di Sukabumi

0 299

Kerajinan Jok Di Sukabumi

Tangannya cekatan menggunting lembaran kulit sintetis dan mengiris busa menggunakan gergaji kecil. Sesekali tangan kanannya mengoleskan lem kental di antara busa dan kulit sintetis itu menggunakan kuas kecil. Setelah menempel, kulit sintesis itu diklip ke dasar jok agar tidak lepas. Proses itu berlangsung selama dua puluh menit, jok yang tadinya robek dan menipis, terlihat seperti baru karena diproses secara apik.

Pekerjaan servis jok ini, dilakoni Andri, warga Kampung Batusapi RT 01/01, Kelurahan/Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, sudah setahun terakhir ini. Ia membuka lapak berukuran 2X3 meter tak jauh dari kediamannya, yakni pinggir Jalan Cagar Alam Panyawelan, Batusapi.

Dari hasil servis jok itu, Andri mengaku bisa mengantongi uang sebesar Rp50 ribu hingga Rp75 ribu sehari. “Tergantung dari banyaknya konsumen yang datang. Tapi kalau lagi sepi, bisa tidak mendapatkan uang,

Sebelum memulai usaha servis jok, kata Andri, ia pernah menjadi buruh pabrik di Bogor. Namun karena tidak nyaman, ia memilih berhenti dan memilih pulang ke Palabuhanratu untuk membantu kakak iparnya menyervis jok rusak.

Ia mengaku, semenjak duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP) ia sudah sering membantu kakak iparnya memperbaiki jok sepeda motor. Berbekal pengalaman itu, apalagi kakak iparnya meninggalkan peralatan seperti gunting, tang, lem, kuas, dan sedikit lembaran akulit sapi dan sentesis, Andri nekad terjun membuka usaha sendiri dengan modal Rp500 ribu.

Dalam menjalani usaha itu, Andri menceritakan, dirinya merasa lebih mempunyai kebebasan waktu dibandingkan dengan pengalamannnya yang dulu bekerja jadi buruh pabrik di Bogor. Modal awalnya saya hanya nekat, sekarang alhamdullah bisa buka sendiri walaupun masih ikut sama teman di sini ungkapnya.

Tarif mengganti lapisan kulit jok jok motor terbuat dari bahan sintetis, kata Andri, konsumen hanya dikenakan Rp50 hingga Rp70 ribu. Tergantung kualitas lapisan kulitnya. Kalau bahan yang lebih bagus, bisa 100 ribu Rupiah. Soal waktu, tergantung tingkat kerusakan. Tapi bisa selesai antara 15 hingga 20 menit, ungkapnya.

Source https://sukabumiupdate.com https://sukabumiupdate.com/detail/sukabumi/peristiwa/23778-andri-perajin-jok-palabuhanratu-kabupaten-sukabumi-bermodal-nekat
Comments
Loading...