Kerajinan Kabela Di Bolmora

0 162

Kerajinan Kabela Di Bolmora

Hasil kerajinan tangan khas suku Bolaang Mongondow yang sampai saat ini masih terus ada peminatnya adalah Kabela. Kabela masih terus diproduksi, dan salah satu pengrajinnya adalah Ade Limbanadi, warga Kelurahan Matali, Kecamatan Kotamobagu Timur.

Ade mengungkapkan, usaha pembuatan Kabela ini merupakan tradisi turun temurun dari keluarganya.

“Keahlian membuat kerajinan tangan ini sudah diajarkan sejak saya masih anak-anak, baik oleh nenek maupun oleh ibu saya,” ungkapnya. Menurutnya, pembuatan Kabela membutuhkan kesabaran, ketelitian dan ketelatenan dalam memadukan setiap unsur warna agar Kabela menjadi menarik untuk dilihat.

“Dalam pembuatan Kabela dibutuhkan imajinasi serta seni dalam memadukan setiap warna dan bentuk dalam membuat motif warna,” terang Ade. Soal harga jual Kabela masih bervariatif, tergantung ukuran Kabela itu sendiri.

“Biasanya berukuran 10 centimeter x 5 centimeter sampai ukuran 30 centimeter x 25 centimeter x 20 centimeter. Rata-rata pembeli datang membelinya untuk dijadikan souvenir,” ujarnya.

Perlu diketahui, pada zaman duhulu masyarakat menfungsikan Kabela sebagai wadah tempat Sirih Pinang dan mempunyai sebutan boyo-boyo. Sekarang ini Kabela dibentuk dan dirangkai serta dibungkus dengan kain merah dihiasi dengan Tu’og (manik-manik). Manik-manik dengan motif daun-daun, tangkai, bunga dengan berbagai warna yang mewakii simbol alam dan sifat manusia. Di antaranya warna biru menggambarkan hutan yang subur, kuning menggambarkan buah padi yang siap panen, merah menggambarkan keberanian, warna putih menggambarkan keihlasan hati yang suci, dan hitam menggambarkan tanah yang subur.

Kabela yang dibuat berbagai macam bentuk dan dihiasi dengan manik-manik ini menjadi salah satu kerajinan cantik masyarakat Kota Kotamobagu, yang juga menjadikan kabela sebagai souvenir untuk pemberian cendera mata kepada para tamu yang datang di Kota Kotamobagu. Kabela ini juga disamping dijadikan sebagai hiasan di dalam rumah, juga sering dipakai oleh para penari untuk acara penjemputan tamu, baik di pesta maupun acara pemerintahan.

Source https://bolmora.com/ https://bolmora.com/09/2018/21288/pengrajin-kabela-tetap-masih-eksis/
Comments
Loading...