Kerajinan Kaca Blow Di Bali

0 415

Kerajinan Kaca Blow Di Bali

Jika Anda melihat kaca-kaca bekas dari pecahan piring, gelas atau botol jangan dibuang begitu saja. Mungkin bisa dikreaksikan menjadi aneka macam suvenir, vas bunga dan hiasan untuk pernikahan, seperti yang sudah dilakukan perajin asal Bali I Komang Agus Purnawan.

Pria asal Ubud ini mulai merintis usahanya sejak 2002. Ide mengolah limbah kaca ini muncul setelah dia melihat acara televisi dari Italia dan Jepang yang mengajarkan cara mengolah limbah kaca.

“Awalnya kita cari cara yang paling mudah, misalnya kaca dipres ini kan yang paling mudah prosesnya. Terus kita kembangkan dengan teknik blow. Kalau di luar negeri pakai kaca yang asli, tapi kita coba pakai kaca limbah,” kata Komang.

Menurut Komang, semua jenis kaca tipis dan tebal bisa diolah. Dia mendapat bahan baku dari pemulung atau toko-toko kaca. Dalam sebulan, Komang membutuhkan sekitar lima hingga 10 ton. Dari jumlah itu bisa dihasilkan seribuan karya seni, paling banyak adalah vas bunga dengan aneka motif.

Hasil karya Komang ini sangat unik karena tetap mempertahankan warna asli dari kaca. Namun jika ada yang menginginkan warna tertentu, Komang harus mendatangkan pewarna khusus kaca dari Italia.

Komang menambahkan, pembuatan karyanya ini tidak terlalu sulit. Dia menggunakan oven dengan suhu dua ribu derajat Celcius untuk melelehkan kaca. Setelah bahan baku itu mencair, baru dibentuk dengan ditiup.

“Kita lelehkan selama 24 jam, baru dibentuk dengan ditiup seperti desain yang kita inginkan. Cara ini lebih rumit dari kerajinan tanah liat, karena ada trik-trik khusus yang harus dipelajari,” tambahnya.

Source https://musicfilmandme.wordpress.com https://musicfilmandme.wordpress.com/2011/09/27/kilau-rezeki-dari-limbah-kaca/
Comments
Loading...