Kerajinan Kaca Blowing Di Bali

0 346

Kerajinan Kaca Blowing Di Bali

Bali dikenal luas sebagai surga dunia. Keindahan alam Bali membuat pelancong terbius dan betah berlama-lama di Pulau Dewata itu. Bali juga daerah yang memiliki karya seni tinggi. Warga Bali juga dikenal sangat nyeni. Terbukti banyak hasil karya warga Bali yang berhasil bersaing di kelas Internasional.

Salah satunya kerajinan Kaca Blowing banyak diminati oleh warga negara asing,  dan Australia merupakan negara penerima kerajinan kaca blowing asal Bali terbanyak diantara negara lainnya.

Kerajinan Kaca Blowing ini memiliki fungsi yang sangat berpariasi, seperti Aquarium, tanaman dinding,  untuk menaruh lilin. Kerajinan Kaca Blowing ini, Kayu Gamal yang dipakai sebagai penyangga kaca, kerajinan ini sangat unik.

Seperti di pasar Kesumbasari Jalan Gajah Mada Denpasar, yang menjajakan kaca blowing. Salah satu pemilik toko Kerajinan Kaca Blowing di Pasar Kesumbasari, Nitiyasa menjelaskan bahwa, kerajinan kaca blowing tersebut banyak diminati warga negara asing, namun beberapa warga lokal juga banyak yang menyukainya.

Pengiriman kerajinan kaca blowing ke beberapa negara tujuan seperti, Australia, Jepang,  Prancis, Italia, Selain dikirim ke berbagai negara banyak pesanan yang ia dapat dari penjual lokal dari wilayah Kuta. Kerajinan untuk pembuatan kerajinan kaca blowing ia memiliki tukang yang di wilayah Keramas Gianyar.

Nitiyasa juga mengaku, penjualannya mengalami penurunan sejak terjadinya kebakaran di Pasar Badung. Sebelum pasca kebakaran pasar badung penjualannya begitu rame, namun saat ini Menurutnya warga negara asing yang datang ke tokonya berkurang.

Ia juga mengatakan, tamu paling banyak membeli kerajinan kaca blowing dengan jumlah pembelian Rp15 juta, pembelian tamu tersebut memilih berbagai ukuran kerajinan kaca blowing mulai dari yang kecil hingga yang ukuran paling besar.

Harga jualnya pun sangat bervariasi, untuk ukuran yang kecil ia menjual dari harga Rp40 ribu hingga Rp50 ribu. Ukuran yang sedang di patok kisaran Rp55 ribu hingga Rp65 ribu. namun untuk ukuran paling besar harga jauh lebih mahal dijual Rp500 ribu hingga Rp600 ribu.

Source https://www.timesindonesia.co.id https://www.timesindonesia.co.id/read/145876/20170410/064912/kerajinan-kaca-blowing-diminati-negara-australia/
Comments
Loading...