Kerajinan Kaca Di Pringsewu

0 204

Kerajinan Kaca Di Pringsewu

Sampah menjadi persoalan klasik yang kerap timbul di tengah masyarakat. Apalagi sampah yang bila dibuang sembarangan dapat membahayakan bagi orang lain, seperti kaca.

Tapi, di tangan pria ini, limbah kaca bisa disulap menjadi barang kerajinan tangan yang bernilai seni tinggi, seperti suvenir, plakat dan miniatur vandal.

Hadi Sutowo, warga Lingkungan Pringombo, Kelurahan Pringsewu Timur, Kecamatan Pringsewu, Kabupaten Pringsewu ini berjuang seorang diri mengenalkan kerajinan yang dibuat dari sampah kaca ke masyarakat Bumi Jejama Secancanan.

Ia hanya memanfaatkan sepetak stan di even Pringsewu Expo yang digelar di komplek Perkantoran Pemkab Pringsewu, untuk mengenalkan hasil kerajinan tangannya ini. Hanya dengan sepetak meja, dia menjajakan kerajinan tangannya ini.

Pemikiran untuk memodifikasi limbah kaca jadi barang bernilai jual tersebut dia peroleh dari mengadopsi kerajinan kaca inlay, yang dapat membentuk macam-macam pola pada kaca.

Besarnya modal yang dibutuhkan untuk usaha kaca inlay, membuatnya pesimistis untuk mengembangkan usaha tersebut karena modal yang ia miliki minim. Akhirnya dia berpikir untuk mengembangkan kerajinan kaca dengan modal yang lebih murah, hanya memanfaatkan sampah kaca.

“Mengaplikasikan dengan biaya yang paling murah, tapi bisa memiliki nilai jual. Soalnya untuk kaca patri dan inlay produksinya mahal,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, peralatan yang digunakan untuk kerajinan limbah kaca ini tergolong sederhana. Ia pun hanya dengan memodifikasi mesin pompa air. Selebihnya pemanfaatan lem kaca sebagai perekat dalam membentuk desain.

Menurut Hadi, kerajinan limbah kaca ini masih menjadi hal yang baru di Kabupaten Pringsewu. Sehingga ia masih kesulitan dalam pemasarannya. Mengenai harga jual, Hadi mengaku besarannya mengukur dari lamanya waktu pengerjaan satu karya dan tingkat kesulitan. Tapi, rata-rata harga jualnya Rp 100 ribu. Ia berharap, kerajinannya tersebut menjadi salah satu produk unggulan di Pringsewu.

Source http://lampung.tribunnews.com http://lampung.tribunnews.com/2015/03/22/limbah-kaca-dan-mimpi-hadi-sutowo
Comments
Loading...