Kerajinan Kaca Grafir Airbrush Di Malang

0 215

Kerajinan Kaca Grafir Airbrush Di Malang

Bermula belajar dari sang ayah, Slamet kini sukses mengembangkan usaha kerajinan kaca grafir airbrush yang telah dirintis oleh sang ayah. Sejak tahun 2000 Slamet mulai mencoba mengelola dan mengembangkan usaha kerajinan kaca grafir airbrush yang berlokasi di Kecamatan Dau Kabupaten Malang.
Tidak mudah untuk bisa menghasilkan kerajinan kaca grafir yang bagus karena dibutuhkan jiwa seni yang tinggi dan juga ketelatenan. “Orang yang pandai melukis di kanvas belum tentu bisa melukis di atas kaca, tapi orang yang pandai melukis di atas kaca pasti bisa melukis diatas kanvas”, ujar Slamet di Malang.
Dirinya tidak sendirian dalam mengelola usaha ini, dia dibantu 7 orang karyawannya yang memiliki tugas masing-masing. Namun untuk proses menggambar dia sendiri yang menangani. Untuk desain gambar Slamet mengaku bisa dari dirinya, tapi juga bisa dari pembeli.
Untuk membuat kaca grafir airbrush bahan yang dibutuhkan yaitu kaca dengan berbagai macam ukuran yang biasa dia beli dari Malang. Selain kaca, juga dibutuhkan cat khusus kaca untuk pewarnaan, terang Slamet.
 
Proses pembuatan kaca grafir airbrush yaitu kaca dipotong sesuai ukuran yang dipesan, kemudian membuat sketsa gambar diatas kaca untuk selanjutnya di ukir. Setelah diukir, kemudian masuk kedalam proses pewarnaan dengan menggunakan cat khusus kaca dan compresor untuk menyemprotkan cat pada kaca. Langkah terakhir yaitu kaca dikering anginkan hingga cat pada kaca kering.
Untuk membuat kerajinan kaca grafir airbrush dibutuhkan waktu 2-3 hari tergantung ukuran dan jumlah, Slamet hanya membuat Kaca Grafir jika ada pesanan saja. Peminat kaca grafirnya sendiri, kebanyakan dari toko-toko mebel yang ada di Malang. Untuk harganya bervariasi sekitar Rp. 400.000-2.000.000,- per meternya. Untuk penghasilan yang didapatkannya tiap bulan, Slamet mengaku tidak pernah menghitungnya karena tidak pernah dibukukan, ujarnya. Di dalam tempat kerjanya ini banyak dipajang contoh kaca grafir hasil karyanya dengan beragam gambar seperti gambar  pemandangan, binatang, tumbuhan dan juga manusia.
Source https://www.cendananews.com https://www.cendananews.com/2015/05/kisah-sukses-pengrajin-usaha-turun-temurun-kaca-grafir-airbrush.html
Comments
Loading...