Kerajinan Kaca Grafir Di Bojonegoro

0 448

Kerajinan Kaca Grafir Di Bojonegoro

Kerajinan kaca grafir merupakan karya seni yang sangat menakjubkan keindahannya, dari ukirannya yang begitu mendetail membuat suasana jika dipasang di rumah akan memberi warna dan seolah mempunyai arti kehidupan bagi rumah tersebut. Di salah satu wilayah Desa Ngambon tepatnya di RT. 06 RW. 02 Gang Selatan Polsek Ngambon masuk ke arah timur kira-kira 300 m, terdapat seorang warga yang mempunyai skill dan usaha kerajinan kaca grafir. Adalah Irwan Setyanto, S.Pd.SD atau akrab dipanggil Pak Irwan yang kesehariannya bertugas mengajar di SD Negeri Ngambon I ini mempunyai skill yang luar biasa, mulai dari melukis, olahraga, musik dan juga yang sekarang ditekuni yaitu kerajinan kaca grafir. Pria kelahiran asli Bojonegoro, 27 tahun lalu, memulai usahanya sekitar 2 tahun ini, meskipun Irwan berasal dari keluarga mampu tak lantas berpangku tangan saja. Dengan kesederhanaan yang dia miliki dan motivasi selalu bekerja keras itulah yang membuatnya selalu menikmati apa yang dikerjakan. “hidup itu penting tulus dan ikhlas dalam bekerja, pasti hasilnya barokah”, sepatah kata dari Pak Irwan.

Apapun pekerjaan yang merasa dia mampu dan bisa membuat orang bahagia pasti dilakukan semisal menggambar dinding sekolah TK/RA yang bertemakan kartun sampai diminta salah satu TK di wilayah kecamatan Tambakrejo sampai malam hari pun dilaksanakan. Awalnya kerajinan kaca grafir dulu hanya pesanan dari pelanggan sang Ayah yang juga seorang pengusaha kaca dan cat serta penyewaan terop, kursi dan sound system, Pak Sumadi (Mat Koco) sapaan akrabnya.

Dari pesanan itu Pak Irwan berfikir kenapa tidak belajar membuat kerajinan atau mengukir kaca itu sendiri ? Dari hal itulah Irwan berangkat ke Malang untuk belajar cara membuat kerajinan kaca grafir, yang awalnya sudah ada bakat seni dari dalam dirinya. Dan sekarang pun dia juga sudah mempunyai 3 karyawan yang membantunya untuk mengukir kaca pesanan pelanggannya, sehingga membantu membuka peluang kerja. Setiap hari antara 10 s/d 25 buah kaca yang diukir bersama karyawannya. Berbagai  bentuk desain dan tema yang diinginkan pelanggannya, Irwan mencoba menyanggupinya. Mulai dari gambar burung Elang, Bangau, tanaman Bambu, Wayang, Pemandangan Gunung.

Source http://kimdjanggleng.blogspot.co.id http://kimdjanggleng.blogspot.co.id/2014/06/kerajinan-kaca-grafir-pemuda-ngambon.html
Comments
Loading...