Kerajinan Kaca Mozaik Di Gianyar

0 236

Kerajinan Kaca Mozaik Di Gianyar

Gianyar memiliki ribuan perajin dengan karyanya yang unik-unik dan menarik. Diantaranya, kerajinan lukisan kaca mozaik di Banjar Bayad, Desa Kedisan, Kecamatan Tegallalang. Produk kerajinan ini pun menjadi daya tarik wisatawan ke Gianyar.

Lukisan mozaik ada yang dibuat bermodel pohon, meja, nampan, dan model lain. Media yang digunakan dari tanah liat, kayu, dan lebih banyak menggunakan arbot. Salah seorang perajin, Ni Wayan Lasti, mengaku sudah 8 tahun mengeluti usaha ini. Ia mengaku hasil kerajinan ini tidak dijual langsung kepada konsumen, namun ada pengepul yakni pengelola cargo selaku pembeli.
Dalam satu bulan bisa menghasilkan 3.000 – 4.000 pcs benda mozaik berbagai jenis, dan tergantung pesanan. “Yang paling banyak dicari model nampan dan miror,” ujar ibu 3 anak ini. Terkadang karena banyak pesanan, ia pun menolak pesanan. Kini ia masih terkendala tenaga kerja.
Ni Wayan Lasti menjelaskan untuk membuat sebuah kerajinan kaca mozaik diperlukan kaca, lem kayu, media yang akan dihias bisa terakota atau arbot. Kaca-kaca dipotong sesuai dengan kebutuhan. “Membuat kerajinan ini harus sabar,” ujarnya.
Lanjut dia, karena perlu waktu yang cukup lama untuk memasang kaca tersebut. Belum lagi memasang kaca sesuai dengan sketsa. Ia mengaku, perbulan bisa menghasilkan jutaan rupiah dari usaha kerajinan ini.
Source Kerajinan Kaca Mozaik Di Gianyar Kerajinan Kaca Mozaik Di Gianyar
Comments
Loading...