Kerajinan Kaca Patri Di Sleman

0 249

Kerajinan Kaca Patri Di Sleman

Mukti, warga Drewulu, Pengasih, Sleman berhasil mengembangkan kerajinan kaca patri. Berkat kerja keras dan ketekunannya, produk kerajinan kaca patri yang dibuatnya kini mampu menjadi tumpuan penghidupan. Sekilas proses pembuatannya terlihat sulit, namun untuk membuat kerajinan kaca patri ini perlu keahlian khusus.

Hasil kerajinan dengan bahan dasar kaca warna-warni inipun memiliki nilai seni cukup tinggi. Mukti mengungkapkan, usaha yang beromzet jutaan itu telah dibukanya sejak sekitar tahun 2000 silam. Keahlian yang di milikinya diperoleh saat bekerja di salah satu pabrik di Tangerang yang memang khusus membuat kerajinan kaca untuk ekspor.

Bahan baku kaca tidak sembarangan, untuk mendapatkannya harus diimpor dari Brazil, Taiwan, Amerika, dan Belgia. Terlebih kerajinan kaca patri tidak bisa menggunakan kaca biasa. ”Kaca khusus, sehingga bisa bercahaya dan lebih hidup,” terangnya saat menyelesaikan pesanan di workshop kerajinan kaca patri miliknya di kawasan simpang tiga Joresan, Pengasih.Menurutnya, kendala yang di-hadapi dalam menjalankan ke-rajinan ini yakni bahan baku kaca yang sulit didapat. Kaca yang paling susah didapat adalah kaca warna merah dan oranye. ”Mendapat-kannya mencari ke Jakarta. Hasil usaha ini, sudah bisa membangun rumah,” ucapnya

Source Kerajinan Kaca Patri Di Sleman Kerajinan Kaca Patri Di Sleman
Comments
Loading...