Kerajinan Kaca Pyrex Di Sidoarjo

0 264

Kerajinan Kaca Pyrex Di Sidoarjo

Ada miniatur yang terbuat dari kristal, namun ada pula yang bahannya bahan lain, termasuk kaca. Perajin di Sidoarjo, Jawa Timur mampu membuat beragam kerajinan cantik bak kristal tetapi bahannya dari kaca pyrex.

Berbeda dengan kaca pada umumnya, kaca pyrex akan  meleleh bila dipanaskan pada suhu 700 derajat Celcius. Sementara kaca biasa akan pecah bila dipanaskan. Nah Saat meleleh itulah, kaca bisa dengan mudah dibentuk menjadi beragam pernak-pernik. Maka, lahirlah kerajinan kaca pyrex yang cukup populer di Jawa Timur, terutama di Sidoarjo.

Tidak sembarang orang bisa membuat kerajinan ini, diperlukan latihan bertahun-tahun hingga seseorang mampu menyulap kaca pyrex menjadi produk kerajinan yang bernilai tinggi. Proses pengerjaan produk kerajinan ini tidak memakai cetakan, melainkan kaca dipanaskan sembari dibentuk sesuai keinginan.

Salah satu pioner kerajinan kaca pyrex adalah Andi Rifiansyah. Sejak 2004, di bawah bendera Netha Art and Craf, ia membuat beragam miniatur, patung dan piala dari kaca pyrex.

Ia belajar seni mengolah kaca pyrex di Malaysia selama tiga tahun. Kini, hasil karya pria asal Sidorjo ini sudah menembus pasar mancanegara, seperti Autralia, Belanda, dan Jerman.

Andi bilang, hasil karya paling berkesan yang dibuatnya adalah miniatur patung kereta kuda Asta Brata. Soalnya, tinggi patung ini mencapai 1 meter, dan proses pengerjaannya hingga tiga hari. Andi melego setiap karya tergantung ukuran, dan tingkat kerumitan. Produk ukuran kecil dan simpel dibanderol Rp 15.000, sementara yang rumit dan besar mencapai Rp 300.000.

Pria 34 tahun ini memasarkan karyanya di Surabaya, juga gedung SMESCO Jakarta, dan secara online. Dalam sebulan, ia mampu meraih omzet Rp 65 juta. Wajar, produksi Andi cukup besar. “Sebulan, yang ukuran kecil bisa bikin hingga ribuan, kalau yang besar sekitar ratusan unit,” ucapnya.

Source http://peluangusaha.kontan.co.id http://peluangusaha.kontan.co.id/news/kilau-laba-dari-kerajinan-kaca-pyrex
Comments
Loading...