Kerajinan Kacamata Dari Papan Skateboard Di Bali

0 335

Kerajinan Kacamata Dari Papan Skateboard Di Bali

Anda tidak harus bingung-bingung dalam membangun sebuah bisnis. Faktanya, bisnis bisa datang dari sesuatu yang tidak terduga.  Hal ini dirasakan oleh Reinanto Ahmad Aditya warga Bali.

Ia bersama dua orang temannya yaitu Sofian dan Andro kini menjadi buah bibir karena mampu membuat kacamata unik sejak tahun 2011. Mereka bertiga berhasil memproduksi kacamata dari papan skateboard bekas dengan brand Kabau.

Menekuni bisnis kacamata memang awalnya tidak direncanakan oleh ketiganya. Namun baik Reinanto, Sofian dan Andro memiliki hobi yang sama yaitu bermain skateboard dan menggambar desain. Hingga pada suatu hari, ketiganya melihat sebuah papan skateboard yang patah dan dibuang begitu saja. Karena memiliki kayu super tebal dengan gambar yang menarik, ketiganya lantas mengambil papan skateboard patah tersebut.

“Dari situ kita kepikiran aja, kan kalau main skateboard di skatepark itu kalau papan skateboard patah dibuang gitu aja. Nah kita melihat peluang itu untuk dicobain bikin sesuatu,” tambahnya.

Setelah itu, mereka mencoba browsing-browsing internet tentang pemanfaatan limbah kayu. Akhirnya pilihan jatuh pada kacamata. Kacamata dipilih karena dianggap simpel dan tidak terlalu sulit hingga bahan baku kayu yang digunakan juga tidak begitu banyak. Kemudian mereka bertiga langsung membuat desain kacamata yang diinginkan.

Singkat cerita, kacamata berbahan dasar papan skateboard bekas yang telah rusak dan patah berhasil dibuat. Kemudian ketiganya sengaja tidak langsung memasarkan kacamata itu dan memilih hanya untuk dikonsumsi oleh mereka sendiri. Tetapi saat mereka menunjukan kacamata tersebut kepada teman-temannya, ternyata banyak yang suka. Reinanto mulai berpikir bila hal ini bisa menjadi sebuah project bisnis yang besar dan sangat potensial untuk digarap.

“Temen-temen bilang hasilnya oke dan positif. Dari situ kita riset dan riset lagi selama 2 setengah tahun dan mulai ada yang order juga. Ya sudah kita memutuskan untuk jalanin bisnis ini,” ucapnya.

Akhirnya bisnis pembuatan kacamata berbahan dasar papan skateboard bekas dirilis tahun 2013. Mereka bertiga sepakat memberi label dengan brand Kabau.

“Karena kita bertiga itu ada darah Minangnya, nah kita memang mau nyari nama brand yang nggak pakai nama ke barat-baratan karena kita mau mengangkat kearifan lokal. Akhirnya tercetuslah Kabau yang berasal dari nama Minangkabau. Sementara logonya dari rumah gadang tapi kita rubah dan sedikit diestetisin lagi,” ujarnya.

Source https://news.indotrading.com https://news.indotrading.com/3-pemuda-ini-raup-untung-jual-kacamata-dari-papan-skateboard-bekas/
Comments
Loading...