Kerajinan Kain Gedog Di Tuban Tembus Mancanegara

0 235

Kerajinan Kain Gedog Di Tuban Tembus Mancanegara

Produk kerajinan tangan asal Indonesia sudah diakui kualitasnya di negara lain. Umumnya, produk kerajinan tangan asal Indonesia memiliki desain yang unik serta diproduksi seluruh dengan menggunakan tangan para pengrajin.

Siti Fatimah Nasih adalah salah satu pengrajin yang sudah merasakan manisnya mencicipi pasar luar negeri. Wanita asal Tuban, Jawa timur tersebut berhasil menjual produk kerajinan tangan berupa kain tenun Gedog hingga ke mancanegara, ia menceritakan bisnisnya ini dimulai sebelum tahun 2000-an.

Siti mengungkapkan awalnya ia melihat di daerahnya banyak terdapat petani kapas dan pengrajin benang yang belum banyak diberdayakan. Akhirnya ia dan anaknya yang kebetulan sedang mengambil pendidikan pasca sarjana mencoba membuat desain bisnis menarik dengan tujuan bisa memberdayakan para petani kapas dan pengrajin benang.

Akhirnya desain bisnis mengarah ke kain tenun Gedog. Dari cara ini Siti tidak menyangka, bisnis yang awalnya hanya coba-coba kini berubah menjadi besar.

Siti Fatimah Nasih mulai berkomitmen untuk membesarkan bisnis kain tenun Gedog di Kecamatan Kerek, Tuban di tahun 2000. Ia mengaku tidak mengeluarkan sama sekali modal untuk memulai bisnisnya ini.

Hanya saja, ia menyerahkan beberapa perhiasan miliknya sebagai jaminan kepada para pengrajin kain tenun Gedog. Kain tenun Gedog yang dibuat oleh para pengrajin di Kecamatan Kerek, Tuban ia bawa untuk dipamerkan di beberapa tempat, seperti di Jakarta.

Source https://news.indotrading.com https://news.indotrading.com/siti-fatimah-ekspor-kain-gedog-asal-tuban-dari-jepang-hingga-ke-belanda/
Comments
Loading...