Kerajinan Kain Perca Batik Di Solo

0 320

Kerajinan Kain Perca Batik Di Solo

Kerajinan memanfaatkan kain perca atau sisa-sisa konveksi batik yang diproduksi seorang perajin asal Jalan Kutai Timur 3 No. 15 Sumber Banjarsari, Solo banyak peminatnya. Seorang perajin Agnesia Cristina, mengatakan dengan memanfaatkan bahan baku kain perca batik dibuat menjadi bedcover, sarung bantal, dan tas awalnya iseng, tetapi ternyata banyak diminati masyarakat.

Meskipun kerajinan produksinya mulai banyak pesanan dari berbagai daerah di Indonesia, tetapi Cristina mengaku minim tenaga kerja sehingga belum mampu memenuhi permintaan pasar. Dengan dibantu satu tenaga kerja, dan kemampuan produksi paling baru tiga hingga lima buah per bulan sehingga belum mampu memenuhi pesanan. Kerajinan bedcover dan sarung bantal pesanan datang dari Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Solo, dan Bogor, tetapi juga sampai ke mancanegara.

Menyinggung soal harga hasil produk kerajinannya, Cristina menjelaskan masih sangat terjangkau pasar karena jenisnya berbagai ragam sehingga harga bervariasi antara Rp450 ribu hingga Rp1 juta per buah. “Kami juga memproduksi gantungan kunci dari bahan kain perca batik yang dijual antara Rp5.000 hingga Rp15.000 per buah,” katanya.

Cristina mengakui cara pemasaran hasil produksi kerajinannya tersebut melalui online, dan melalui pameran-pameran di berbagai kota di Pulau Jawa.

Source Kerajinan Kain Perca Batik Di Solo Kerajinan Kain Perca Batik Di Solo
Comments
Loading...