Kerajinan Kain Rasfur yang Unik Di Jakarta

0 239

Kerajinan Kain Rasfur yang Unik Di Jakarta

Anifa Collection, demikian nama yang diberikan oleh Rika Yustini untuk produk kerajinan tangan yang dibuatnya. Koleksi produk yang dimiliki Anifa diantaranya kasur, bantal kursi, sajadah dan lain-lain. Produk yang dikhususkan untuk mengisi aneka ornamen tempat tinggal.
Rika Yustini, seorang sarjana ilmu politik yang memiliki keahlian membuat kerajinan dari bulu rasfur dan tinggal di Jakarta Timur ini bersemangat menceritakan perjalanan dan usahanya membangun serta mengembangkan produk kerajinannya.

“Semua yang saya kerjakan langsung pakai tangan, jadi boleh dikatakan ini kerajinan yang murni buatan tangan (handmade)”, ujarnya sangat yakin.

 

utama untuk kerajinannya dipesan secara online, karena di Lampung belum ada yang menyediakannya. Sementara bahan-bahan penunjangnya masih bisa dibeli dari Lampung. Dengan begitu, suplai bahan untuk produk kerajinannya masih bisa dengan mudah tersedia.

“Setiap pemesanan produk kasur dengan tiga bantal, biasanya menelan waktu selama satu minggu. Untuk bantal kursi rata-rata tiga hari dan sajadah dua hari”, lanjut Rika.

Rika mengakui bahwa dulunya merupakan perajin kain flanel, kemudian ia merasa tertantang untuk membuat produk kerajinan yang lebih berat. Berbekal keahliannya dalam menjahit, maka jadilah sebuah produk kerajinan kain rasfur untuk ornamen tempat tinggal ini. Apalagi dengan dukungan sang suami yang memberinya kebebasan untuk berkarya, Rika semakin yakin untuk mengembangkannya.

Sampai sekarang ini, produk Anifa Collection miliknya sudah tersebar diberbagai tempat. Selain para tetangganya sendiri, produknya ini juga sudah sampai ke konsumen di Jakarta, Palembang, Bangka dan lain-lain.

Kemudian Rika juga menceritakan perjalanan suka dan duka dalam membuat, memasarkan hingga menghapai pembeli maupun pemesan. Ia merasa senang karena bisa berhasil memiliki pendapatan sendiri di sela-sela waktu luang serta mengasuh anak-anaknya. Perasaan bahagia dan semangat juga tidak hanya saat banyak pesanan atau pembelian, namun ketika produknya disukai oleh pembelinya.

Mempelajari motif terus dilakukannya untuk meningkatkan kemampuannya, agar kwalitas produknya bisa semakin disukai oleh konsumen di pasar. Karena banyak juga pemesan yang menginginkan pesanannya dengan berbagai karakter baik kartun maupun karakter lainnya. Produk buatan Rika Yustini ini tidak mudah kempes, sebuah kwalitas yang terus dijaga karena memang mementingkan kepuasan pemesannya.

Harga untuk satu set produk kasur dengan tiga bantal dan satu keset dipatoknya seharga Rp 1.000.000, kemudian untuk produk lainnya harga berkisar dari mulai Rp 150.000 hingga satu-dua jutaan.

Di masa depan, Rika berharap bisa mengembangkannya menjadi lebih besar lagi tidak hanya dalam skala produk, namun juga dari sisi pemasaran serta meningkatnya kwalitas produk yang dibuatnya. Dengan harapan bisa memulai untuk memberi lapangan pekerjaan kepada orang lain dari produk-produk hasil kerajinannya ini.

Source https://www.rumahkreative.id https://www.rumahkreative.id/2017/07/kerajinan-kain-rasfur-yang-unik-dan.html
Comments
Loading...