Kerajinan Kain Tenun Di Bombana

0 353

Kerajinan Kain Tenun Di Bombana

Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Bombana mencanangkan di tahun 2018, kuallitas motif tenun khas daerah Bombana mampu bersaing hingga ketingkat Nasional.

Hal itu didukung oleh wacana pembuatan show room Tenun (rumah Tenun) yang kini mulai digagas pembangunannya di wilayah itu.

Andi Nirwana di Bombana, Sulawesi Tenggara mengatakan, tenun daerah di Bombana akan lebih berkualitas jika telah dibuat Rumah Tenun. Dimana, nanti tempat itulah semua jenis motif tenun dari semua wilayah di Bombana akan ditampilkan.

Lanjut Andi Niwana, rumah tenun itu akan dibangun di Ibu kota Kabupaten Bombana. Pembangunannya pula akan dibahas melalui pertemuan khusus yang melibatkan instansi terkait.

“Tenun itu adalah tenun dengan motif anyaman yang terbuat dari batok kelapa, dimana dengan bahan dasar itu bisa didesain menjadi tempat tisu, tempat permen, gelas dansendok,” ujarnya.

Motif ini pula diyakini Andi Nirwanan bakal meningkatkan penghasilan penenun hingga 20 juta per bulannya. Untuk Pengrajin Batok ini pihak Dekranasda menemukan satu kelompok yang telah mengikuti sekolah kerajinan tangan di Yogyakarta,. Melalui Rumah Tenun itu, pihaknya akan memanfaatkan kelompok itu sebagai mentor dan busa menambah pengetahuan penenun lainnya.

Lebih lanjut, Andi Nirwana menambahkan, ada beberapa kecamatan yang diakui sangat berpotensi sebagai wilayah pengrajin motif. Yakni di Kecamatan Lantary Jaya, Kabaena Utara, Poleang Utara Rarowatu Utara, Poleang dan Poleang Timur.

Source https://zonasultra.com https://zonasultra.com/2018-dekranasda-target-motif-tenun-bombana-bersaing-ke-tingkat-nasional.html
Comments
Loading...