Kerajinan Kain Tenun Di Majalaya

0 192

Kerajinan Kain Tenun Di Majalaya

Lemahnya branding membuat nilai tambah kain tenun Majalaya dinikmati daerah lain. Pedagang kain tenun di sejumlah daerah di luar Jawa Barat menjual kembali kain tenun Majalaya dengan harga hingga 3,5 kali lipat harga beli dari produsen di Majalaya.

Desay Savitri Devi, mengatakan bahwa kain tenun Majalaya dipasarkan pedagang kain tenun dengan harga Rp 700.000 per helai. Konsumen umumnya menganggap kain tersebut sebagai tenun dari Jepara.

“Padahal itu dari Majalaya. Harga aslinya di Majalaya hanya Rp 200.000 per helai,” ujarnya. Ia ditemui pada acara Tamansari Batik Festival 2017 di Graha Manggala Siliwangi, Jalan Aceh, Kota Bandung.

Festival batik tersebut berlangsung selama lima hari, 4-8 Oktober 2017. Terdapat 8o tenant mulai dari perajin batik, bordir, tenun, hingga kerajinan tangan. Ikut ambil bagian dalam pameran tersebut perajin yang sedang naik daun karena batiknya banyak digunakan dalam rancangan Ivan Gunawan.

Untuk menginspirasi banyak orang, pameran tersebut juga menghadirkan perajin istimewa yang membatik menggunakan kakinya. Pengunjung bisa menyaksikan langsung proses membatik sang perajin yang tidak menyerah dengan kekurangan fisiknya.

Source http://www.pikiran-rakyat.com http://www.pikiran-rakyat.com/ekonomi/2017/10/04/kain-tenun-majalaya-anjlok-karena-kurang-branding-410826
Comments
Loading...