Kerajinan Kain Tenun Ikat Di Belu

0 249

Kerajinan Kain Tenun ikat Di Belu

Salah satu seni dan kerajinan tangan Belu yang terkenal adalah Kain Tenun Masing-masing mempunyai corak dan motif tersendiri. Kain Tenun atau Tais sebelum di tenun dibuatkan motif dengan beberapa teknik yakni : Futus,Fafoit, dan Sui.

Salah satu perajin tenun ikat di Atambua, Belu, Nusa Tenggara Timur Ali mengatakan teknik pembuatan motif ini, sebelum menenun mereka terlebih dahulu memberikan motif dengan cara mengikat benang-benang kemudian mewarnai bagian yang tidak diikat. Setelah itu baru ditenun. Kain adat ini dibuat dengan teknik Sui atau Sulam. Kain adat seperti ini setelah ditenun kemudian diberi motif dengan menyulam pada bagian-bagian yang polos agar motif yang dinginkan bisa Nampak jelas.

Kain adat ini dibuat dengan teknik Fafoit. Untuk mendapatkan motif yang dinginkan pengrajin hanyalah mengandalkan Imajinasi dan kretifitas dengan permainan lidi-lidi yang dipasang pada alat tenun.

Sama seperti di daerah lain,motif kain tenun Belu umumnya kecil dan abstrak. Pada kain tenun laki-laki motifnya lebih banyak berupa garis fertikal atau tegak lurus yang melambangkan tanggung jawab seorang laki-laki terhadap kelangsungan hidup keluarga.

Selain itu seorang laki-laki bertanggung jawab untuk menghubungkan keluarganya dengan sang pencipta. Sedangkan kain perempuan motif kecil-kecil dan bergaris melingkar yang melambangkan seorang perempuan selalu berada dalam kuasa dan perlindungan seorang laki-laki.

Source Kerajinan Kain Tenun ikat Di Belu Kerajinan Kain Tenun ikat Di Belu
Comments
Loading...