Kerajinan Kain Tenun Ikat Endek Di Klungkung

0 249

Kerajinan Kain Tenun Ikat Endek Di Klungkung

Aktivitas menenun ini masih tetap eksis dilakoni, dan merupakan mata pencaharian pokok bagi sebagaian masyarakat Kecamatan Klungkung. Jenis tenun yang dikembangkan adalah “tenun ikat warna alami” yang terdapat di Desa Tegak, Kecamatan Klungkung. Salah satu pelopor kerajinan Tenun Ikat Endek yaitu Sugiartha. Kain tenun tradisional yang berkembang di lokasi tersebut kain tenun ikat tradisional (Endek) yang proses pembuatannya dengan menggunakan alat ATBM (alat tenun bukan mesin). Kain tenun ikat endek dengan pewarna alami khas kabupaten Klungkung memang merupakan bagian dari seni keindahan tenun ikat yang sudah terkenal sejak lama.

Disamping berfungsi sebagai kain upacara keagamaan, kini kain endek mulai populer sebagai bahan kemeja nasional. Kain Endek juga amat populer dalam masyarakat Bali. Endek merupakan istilah teknik untuk menambahkan suatu pola pada suatu bahan dengan mengisi benang tambahan.

Benang tersebut dapat dimasukkan keseluruh bidang atau hanya menutupi bagian-bagian tertentu dari suatu kain. Pekerjaan menenun telah dilakukan secara turun temurun dari nenek, ibu sampai pada anak dan cucunya Perajin ini lebih berperanan terhadap pelestarian dan kelangsungan nilai budaya tradisional, lebih bersifat konservatif terhadap nilai warisan leluhur.

Source Kerajinan Kain Tenun Ikat Endek Di Klungkung Kerajinan Tenun Ikat
Comments
Loading...