Kerajinan Kain Tenun Khas Sambas

0 167

Kerajinan Kain Tenun Khas Sambas

Kain tenun khas Sambas memang sudah terkenal. Bukan saja di lingkup Nasional namun sudah mulai merambah internasional. Kain yang merupakan salahs atu kekayaan budaya dan sejarah Sambas pun kerap diikutkan dalam ajang pameran.

Sebagai upaya terus men”dunia” kan kain tenun. Belum lama ini Dekranasda Kabupaten Sambas mengadakan lomba design motif kain tenun sambas. Hasilnya sejumlah karya yang diperlombakan, diseleksi Tim Juri dan menjadi pemenang.

Selanjutnya karya design motif tersebut akan di patenkan untuk memperkaya motif tenun Sambas. Dalam perlombaan design motif tenun Sambas, dengan tema Pesona Keindahan dan Kearifan Lokal Sambas di Hamparan Kain Tenun, tersebut diikuti 58 peserta dengan 81 motif. Design peserta pun kemudian diseleksi, oleh Tim Juri yang didatangkan dari Jakarta yang merupakan pihak yang sudah berpengalaman, yakni diketuai Syamsidar Isa yang merupakan Quality Control Yayasan Cita Tenun Indonesia (CTI), kemudian Didi Budiharja seorang designer dan Dra Kusumaningsih seorang perancang tekstil.

Pengumuman lomba, di halaman Dekranasda Sambas, disampaikan dari 81 design, untuk tiga design kategori inspiratif yakni motif beturos bunga cabai milik Erika, kedua motif setangkai bunga lili karya Li Kiang dan motif Kelenteng milik Meliyana.

Kategori tujuh design unggulan, yakni Motif betabur burung karya Budiana, permata hati milik Erlinda, padang tibakar bunga tanjung Nurbaini, serong bunga cempaka karya Wafida, motif kantung semar milik Andri Hidayat, kemegahan masjid jami’ karya Ardian dan bunga silimpat karya Nurleli. Dan untuk design juara 1, adalah karya Nilafika dengan

motif Rantai Kupu-kupu. Juara 2 adalah Jamian dengan motif Kain Padang Tibakar Bunga Tanjung dan juara 3 adalah motif Setangkai Bunga Kopi milik Mutia.

Source https://www.pontianakpost.co.id https://www.pontianakpost.co.id/upaya-pengrajin-kain-dan-dekranasda-lestarikan-tenun-sambas
Comments
Loading...