Kerajinan Kain Tenun Motif Cepuk Rangrang Di Nusa Penida, Klungkung

0 220

Kerajinan Kain Tenun Motif Cepuk Rangrang Di Nusa Penida, Klungkung

Nusa Penida, sebuah pulau yang terletak di Kabupaten Klungkung, Bali, menyimpan hasil karya tenun dengan motif bernama Cepuk Rangrang. Salah satunya perajin dari Desa Karang, Pejukutan, Kecamatan Nusa Penida bernama Made Eka Tirtayanti yang akrab dipanggil Luh Eka.

“Ya saya belajar dari orang tua. Belajar sejak kecil, lihat orang tua buat kain tenun, dengan melihat, mencoba, ya akhirnya pelan-pelan bisa juga. Sekarang sudah biasa membuat kain tenun. Yang penting sabar,” kata Luh Eka.

Cepuk Rangrang yang menjadi ciri khas tenun Nusa Penida ini memang sudah semakin dikenal ke luar daerah berkat kreatifitas masyarakat setempat dan pembinaan dari Bank Indonesia. Bank Indonesia telah membina kelompok industri tenun Wanangun Asri yang kini hasil karyanya sudah dipasarkan ke beberapa daerah di Indonesia.

Harga tenun Cepuk Rangrang mulai Rp 200 ribu sampai Rp 400 ribu dengan bahan sintetis, sementara yang memakai bahan pewarna alami dibanderol dengan harga Rp 400 ribu hingga Rp 1,5 juta tergantung ukuran.

Source Kerajinan Kain Tenun Motif Cepuk Rangrang Di Nusa Penida, Klungkung kompas.com
Comments
Loading...