Kerajinan Kain Tenun Motif Pohon Sagu Di Konawe Selatan

0 160

Kerajinan Kain Tenun Motif Pohon Sagu Di Konawe Selatan

Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra) telah menetapkan tiga motif kain tenun khas daerah setempat. Motif ini resmi diperkenalkan dalam acara launcing motif khas tenun Kabupaten Konsel di Hotel Clarion Kendari.

Beragam model hasil desain penenunan karya tangan pengrajin Konsel ditampilkan dalam acara ini. Para gadis cantik hadir mengenakan busana bermotif khas tenun yang telah dibuat tersebut.

Penetapan motif ini berlangsung alot. Dilakukan selama satu hari melalui workshop dengan dihadiri para tokoh masyarakat, Lembaga Adat Suku Tolaki (LAT), pemerintah daerah, serta komunitas kreatif yang ada di daerah itu.

Dalam workshop tersebut, para tokoh menuangkan gagasan tentang objek yang akan diambil sehingga dalam penentuanya motif yang dihasilkan bisa mewakili kearifan lokal masyarakat setempat.

“Kita bersepakat, duduk bersama memilih motif ini dengan harapan kain tenun khas ini dapat membawa pengaruh positif bagi kehidupan masyarakat, juga pemda serta menjadi kebanggan kita bersama ke depan,” kata Ketua Dekranasda Konsel Nurlin Surunuddin saat launcing motif tenun khas Konawe Selatan.

Kain Tenun Motif Pohon Sagu

Pada masyarakat Konawe Selatan, sagu dianggap sebagai salah satu sumber bahan pangan khas pokok. Sehingga motif pohon sagu dianggap perlu dalam penggunaan motif tenun khas, karena merupakan hal yang penting bagi kehidupan umat manusia.

“Yang perlu kita ingat, bahwa setiap pelaksanaan adat sagu itu mesti disebut. Ada istilah morini mbu’umbundi monapa mbu’undawaro, yang dalam bahasa Indonesia artinya sejuk di bawah pohon pisang ataupun di bawah pohon sagu, tetapi filosofi dari penggunaan motif kali ini adalah merupakan makna kemakmuran dan kesejahteraan,” paparnya.

Source https://zonasultra.com https://zonasultra.com/melihat-lebih-jauh-makna-motif-kain-tenun-khas-konsel.html
Comments
Loading...