Kerajinan Kain Tenun Motif Singa Di Sumba Timur

0 223

Kerajinan Kain Tenun Motif Singa Di Sumba Timur

Berbicara soal Sumba, selain padang sabana dan kuda, Sumba juga terkenal dengan tenun ikatnya. Tenun ikat dengan beragam corak, bahan, dan ukuran bisa ditemukan di berbagai tempat di Sumba TImur, mulai dari perkampungan adat, pengrajin tenun, sampai di taman kota Waingapu. Kami memiliki story teller di Sumba Timur yang dapat mengantar kalian melihat langsung dan membeli tenun ikat ini.

Staff Pemasaran Dinas Pariwisata Sumba Timur, Bapak Yudi Umbu Rawambaku untuk memperkenalkan beberapa motif / corak tenun ikat di Sumba Timur.

Kain Tenun Motif Singa

Corak Singa (Mahang) merupakan pengaruh gaya Renaissance di Eropa dari masa Raja Hendry III pada pertengahan abad XVI, masuk ke Indonesia melalui kebudayaan Hindu. Ungkapan tentang Singa (Mahang) dalam bahasa sastra adat Sumba, tidak ditemukan, hal ini membuktikan di Sumba Timur, Sumba umumnya tidak terdapat Singa. Dijadikan corak dalam tenun ikat Sumba Timur, menunjukkan bahwa sekak dahulu masyarakat sumba telah mengenal hubungan dengan dunia luar. Corak atau bentuk ini ditiru dari gambar pada uang Belanda (Mahang Appa Uki).

Source https://www.indonesia-az.com https://www.indonesia-az.com/arti-motif-tenun-sumba-timur/
Comments
Loading...