Kerajinan Kain Tenun Motif Udang Di Sumba Timur

0 240

Kerajinan Kain Tenun Motif Udang Di Sumba Timur

Berbicara soal Sumba, selain padang sabana dan kuda, Sumba juga terkenal dengan tenun ikatnya. Tenun ikat dengan beragam corak, bahan, dan ukuran bisa ditemukan di berbagai tempat di Sumba TImur, mulai dari perkampungan adat, pengrajin tenun, sampai di taman kota Waingapu. Kami memiliki story teller di Sumba Timur yang dapat mengantar kalian melihat langsung dan membeli tenun ikat ini.

Staff Pemasaran Dinas Pariwisata Sumba Timur, Bapak Yudi Umbu Rawambaku untuk memperkenalkan beberapa motif / corak tenun ikat di Sumba Timur.

Kain Tenun Motif Udang

Udang adalah binatang yang hidup di air dan memiliki kebiasaan berjalan beriring-iringan dan sifat ini menarik perhatian alam pikiran orang Sumba seperti terungkap dalam sastra adat : Kura Angu Kudu, Karongu Angu Londa artinya Udang kawan berpundak, Kepiting teman bergandeng. Ungkapan ini melambangkan persaudaraan, persatuan dan kekuatan.

Corak Udang juga melambangkan kepercayaan leluhur orang Sumba bahwa di balik kematian ada kehidupan baru atau pengharapan akan hidup kekal atau ada perubahan kehidupan yang berbeda dari kehidupan sekarang. Hal ini terungkap dalam bahasa sastra adat yaitu Njulu La Kura Luku, Halubu La Mandu Mara artinya Menjelma Seperti Udang, Mengelupas Seperti Ular Darat.

Source https://www.indonesia-az.com https://www.indonesia-az.com/arti-motif-tenun-sumba-timur/
Comments
Loading...