Kerajinan Kaligrafi Dari Batu Klawing Di Mrebet

0 155

Kerajinan Kaligrafi Dari Batu Klawing Di Mrebet

Batu Klawing identik dengan batu akik maupun liontin. Namun, di tangan pemuda Desa Onje Kecamatan Mrebet, batu Klawing juga bisa diubah menjadi media kaligrafi, papan nama atau suvenir yang menarik dengan harga yang relatif terjangkau. Proses pembuatan kaligrafi di atas batu tersebut tidaklah terlalu rumit. Hanya butuh sedikit keuletan. Biasanya batu yang digunakan tersebut adalah sisa bahan batu klawing yang tidak bisa digunakan sebagai bahan batu cincin atau liontin. Setelah selesai meulis kaligrafi, batu-batu kemudian dikeringkan dan siap menuju proses selanjutnya yakni memberi warna mengkilap pada tulisan dengan prenis.

“Setelah selesai maka siap dibuat tempat agar kaligrafi berdiri,” jelas Kepala Desa Onje Budi Tri Wibowo. Lebih lanjut Budi menceritakan, awalnya ia melihat banyak batu Klawing yang terbuang karena tidak bisa dibuat batu akik atau liontin. Sehingga sangat disayangkan bila bahan batu tersebut terbuang sia-sia. “Awalnya bingung mau dibuat apa, karena batu yang berlubang tidak bisa dibuat batu cincin maupun liontin,” ceritanya. Dia mencoba menulis kaligrafi di atas batu, menggunakan spidol. Setelah diperhatikan, hasil tulisan ternyata bisa cukup bagus.

Dari awalan mencoba kemudian ia melakukan perbaikan dengan membuat agar tampilan batu lebih menarik. “Namun bentuk batu secara alami tetap dipertahankan,” jelasnya. Menyadari potensi tersebut, ia mulai membuat dan mempromosikan ke teman-temannya. Ternyata banyak yang tertarik dengan kerajinan dari jenis batu tersebut. Budi juga mulai melukis pemandangan di atas batu. Harga produk kerajinan batu klawing itu cukup terjangkau. Satu buah kerajinan dari batu Klawing dijual dengan harga bervariasi dari Rp 50 ribu hingga Rp 100 ribu.

 

Source https://radarbanyumas.co.id https://radarbanyumas.co.id/tak-hanya-akik-batu-klawing-juga-dibuat-kaligrafi/
Comments
Loading...