Kerajinan Kaligrafi Dari Kulit Kambing Di Sukoharjo

0 287

Kerajinan Kaligrafi Dari Kulit Kambing Di Sukoharjo

Kerajinan kaligrafi dari kulit kambing buatan Sukoharjo mampu menembus pasar di Timur Tengah. Negara seperti Arab, Iran, Qatar, Turki dan Malaysia sudah menjadi pelanggan kerajinan kaligrafi ini sejak tiga tahun terakhir.

Sutiman, perajin kaligrafi di Desa Sonorejo, Kecamatan Sukoharjo Kota, mengaku mampu memenuhi pesanan dan mengirim sekitar 20 ribu lembar kaligrafi kulit kambing ke Iran dan Turki. Proses pembuatannya cukup mudah, sehingga dalam sehari, Sutiman dibantu 10 tenaga kerjanya mampu membuat paling sedikit 100 kaligrafi.

“Saya menggeluti usaha ini semenjak tahun 2002. Dan mulai dipasarkan ke Timur Tengah, khususnya Turki dan Iran serta sebagian juga Malaysia. Ternyata sangat banyak peminat di sana. Jika ramai, sehari itu bisa buat 400 buah kaligrafi,” ungkap Sutiman.

Ditambahkan, saat ini keberlangsungan produksi di industrinya sedikit tersendat. Pasalnya, bahan baku berupa kulit kambing, masih kekurangan. Stok kulit kambing yang ia terima tidak bisa memenuhi pesanan kerajinan kaligrafi yang terus meningkat.

“Saya lebih fokus menggarap pasar eksport untuk diprioritaskan. Mengingat potensi ke depan masih sangat besar. Ini saja bahan baku kulit kambingnya masih kurang. Walaupun saya masih memakai peralatan sederhana yang terbilang sebagai industri rumahan,” tambahnya.

Proses pembuatan kaligrafi cukup mudah. Pada proses awal setelah kulit kambing dibersihkan dari bulu, lalu dicuci dan dijemur di bawah terik sinar matahari. Setelah kering, kulit kambing dipotong sesuai ukuran yang diinginkan dan disablon menurut motif. Usia disablon maka kaligrafi tersebut dipasang pada sebuah pigura yang telah disiapkan.

Source https://www.timlo.net https://www.timlo.net/baca/19829/kaligrafi-kulit-kambing-tembus-timur-tengah/
Comments
Loading...