Kerajinan Kaligrafi Di Bendungan

0 177

Kerajinan Kaligrafi

Bandungan di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah kini bukan hanya dikenal sebagai kawasan pariwisata berhawa sejuk terdekat dengan Kota Semarang. Salah satu kecamatan dari Kabupaten Semarang itu juga dikenal sebagai salah satu penghasil kerajinan hiasan dinding kaligrafi atau atau seni menulis ayat suci Alquran.

Bisnis hiasan dinding kaligrafi yang dirintis Thowaf, perajin warga Bandungan, Kabupaten Semarang itu mampu menembus pasar luar Jawa. “Saya sering melayani pesanan dari Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi,” kata Thowaf. Jenis kerajinan kaligrafi dibuat dalam berbagai produk, seperti jam dinding, hiasan dinding bertuliskan ayat suci Alquran, Ayat Kursi, serta tulisan “Allah” dan “Muhammad”.

Ia mengatakan konsumen kerajinan hiasan kaligrafi dari Kabupaten Semarang itu bukan hanya bersifat pribadi, tetapi terkadang juga pedagang yang memesan dalam jumlah banyak di atas lima buah karena ongkos kirim ke luar Jawa tidak murah. Untuk harga, ia menyebutkan cukup bervariasi bergantung tingkat kesulitannya, tetapi rata-rata di kisaran Rp750.000 hingga Rp2 juta yang dinilainya sebanding dengan keindahan seni tersebut.

Meskipun sibuk melayani pesanan kerajinan kaligrafi, baik dari dalam maupun luar kota, pria ramah itu tetap menyempatkan mengajar mengaji anak-anak di sekitar rumahnya pada sore hari. Mereka menyediakan sebuah ruangan kecil yang berada di belakang rumahnya di Bandungan, Kabupaten Semarang, Jateng itu untuk tempat anak-anak sekitar belajar mengaji.

Source Kerajinan Kaligrafi Di Bendungan Kerajinan Kaligrafi Di Bendungan
Comments
Loading...