Kerajinan Kaligrafi Di Riau

0 269

Kerajinan Kaligrafi Di Riau

Penggiat kreativitas kaligrafi Riau gencar mengembangkan potensi kaligrafi Islam di Provinsi Riau melalui wadah Perkumpulan Kaligrafi dan Zukhrufah Indonesia (Perkazi) Provinsi Riau.

“Perkazi menjadi wadah bagi generasi penggemar kaligrafi Islam untuk mengembangkan kemampuannya dalam berkaligrafi serta untuk menjaga kebudayaan Islam yang indah, dan dengan persatuan akan melahirkan kesuksesan bagi generasi Islam,” kata Hm Saman di Pekanbaru.

Menurut dia, keberadaan Perkazi dibutuhkan apalagi Provinsi Riau memiliki potensi yang cukup besar untuk dikembangkan terbukti banyak prestasi kaligrafi yang telah diukir pemuda Riau di tingkat nasional.

Ia mengatakan, kaligrafi berasal dari bahasa Yunani yang artinya “tulisan indah”. Dalam sejarah peradaban Islam, seni tulis huruf Arab yang isinya berupa potongan ayat Alquran atau Hadits Nabi Muhammad SAW ini mempunyai tempat yang sangat istimewa.

Setiap muslim, katanya, percaya bahwa Bahasa Arab adalah bahasa yang digunakan oleh Tuhan ketika menurunkan Al Quran kepada Nabi Muhammad SAW. Bahasa ini juga digunakan dalam seluruh tata peribadatan oleh kaum muslimin di seluruh dunia.

“Dalam ajaran Islam lukisan berupa mahluk hidup adalah termasuk sesuatu yang dilarang, maka kaum muslimin mengeskpresikan gairah seninya antara lain lewat seni kaligrafi ini. Karya-karya kaligrafi ini banyak menjadi hiasan di banyak bidang, mulai dari bangunan, koin, seni dekoratif, permata, tekstil, senjata sampai manuskrip,” katanya.

Kabag Keagamaan Kesra Provinsi Riau H Rudi Hartono mengatakan, dengan adanya wadah persatuan itu, maka kaligrafer Riau akan lebih memiliki peluang untuk berkarya dan menghasilkan karya yang memiliki nilai ekonomis.

“Perkazi menjadi organisasi aktif dengan melengkapi semua persyarakatan administrasi seperti pengurusnya, sekretariatnya dan sebagainya, sehingga bisa diusulkan dalam anggaran Provinsi Riau untuk membuat program yang lebih mengembangkan karya-karya anak Riau dibidang Kaligrafi,” katanya.

Source https://www.republika.co.id/ https://www.republika.co.id/berita/nasional/daerah/17/12/13/p0wlhk284-riau-gencar-kembangkan-potensi-kaligrafi
Comments
Loading...