Kerajinan Kalung Biji Melon Di Bogor

0 285

Kerajinan Kalung Biji Melon Di Bogor

Biji melon bisa dikreasikan menjadi aksesori dan pernak-pernik yang unik dan menarik. Di Bogor, Jawa Barat biji melon diproses dan dirangkai menjadi kalung, gelang, dan anting-anting. Dengan pangsa pasar yang luas tak hanya di Jabodetabek, bahkan mancanegara, perajin aksesori biji melon bisa mengantongi omzet hingga Rp 15 juta per bulan.

Biji buah bisa menjadi pemandangan yang tidak sedap jika dibuang sembarangan. Namun, melalui sentuhan tangan kreatif, biji buah bisa menjadi aksesori menarik dengan nilai jual tinggi. Itulah yang dilakukan oleh Toto Hendrawan. Sejak 2005 lalu, pengusaha asal Bogor ini mengolah biji melon menjadi aksesori, seperti kalung, gelang, dan anting-anting. Tak hanya merambah pasar lokal, aksesori biji melon buatan Toto telah menembus pasar ekspor.


Lelaki berumur 39 tahun pemilik CV Sukses Bersama ini mengatakan, harga produk aksesori buatannya bervariasi. Untuk kalung harganya Rp 15.000 sampai Rp 25.000, gelang Rp 10.000 hingga Rp 15.000, dan Rp 10.000 untuk anting-anting. “Peminatnya cukup banyak. Penjualan di wilayah Jabodetabek, Sumatra, hingga Malaysia,” kata Toto.

Walau mengandalkan promosi dari mulut ke mulut, ia mengaku mampu meningkatkan omzet dari tahun ke tahun. Dengan penjualan sedikitnya 100 unit sampai 150 unit aksesori per minggu, omzet yang diperoleh sebesar Rp 15 juta per bulan dengan laba bersih yang bisa disimpan Toto sebesar 40%.

Source http://peluangusaha.kontan.co.id http://peluangusaha.kontan.co.id/news/merangkai-laba-dari-kalung-biji-melon-1
Comments
Loading...