Kerajinan Kalung Biji Melon Di Jakarta

0 293

Kerajinan Kalung Biji Melon Di Jakarta

Biji melon bisa dikreasikan menjadi aksesori dan pernak-pernik yang unik dan menarik. Di Bogor, biji melon diproses dan dirangkai menjadi kalung, gelang, dan anting-anting. Dengan pangsa pasar yang luas tak hanya di Jabodetabek, bahkan mancanegara, perajin aksesori biji melon bisa mengantongi omzet hingga Rp 15 juta per bulan.

Kreasi aksesori biji melon dilakukan oleh Gunawan Ramlan, pemilik Rendevouz Gallery di Jakarta. Dia mulai menekuni usaha pembuatan kalung biji melon sejak setahun lalu. Gunawan mengakui bisnis ini cukup menjanjikan. “Selain mudah memperoleh bahan baku, banyak yang suka dengan bentuknya,” ujarnya.


Gunawan memilih menggunakan media internet untuk pemasaran. Selain efisien, internet juga lebih menjanjikan dan berbiaya rendah. Sampai saat ini Gunawan hanya memproduksi kalung saja. Sebab permintaan kalung paling banyak. Harga yang ditawarkan untuk kalung biji melon buatannya sebesar Rp 10.000 hingga Rp 15.000. Dengan pasar Jabodetabek dan Semarang, Gunawan mengaku memperoleh omzet hingga Rp 7 juta per bulan. Dari omzet, ia mendapat untung 25%.

Karena itu, dia mencoba bereksperimen dengan merangkai biji melon tersebut. “Waktu itu hanya coba-coba,” ujarnya. Dia juga berusaha menemukan benang yang paling sesuai.¬†Selanjutnya, biji diwarnai menggunakan cat atau spidol permanen untuk kemudian dirangkai sesuai keinginan. Setelah dirangkai menggunakan benang nilon, dua sisi benang disambung menggunakan claps.

Source http://peluangusaha.kontan.co.id http://peluangusaha.kontan.co.id/news/merangkai-laba-dari-kalung-biji-melon-1
Comments
Loading...