Kerajinan ‘Kampoeng Craft’ Di Depok

0 113

Kerajinan ‘Kampoeng Craft’ Di Depok

Kampoeng Craft Panmas di wilayah kecamatan Pancoran Mas Depok memproduksi aneka produk/barang kerajinan/craft seperti bros, tas, dompet, bunga, tempat tisu, apron, masker, pot dan piring berbahan koran, sendal/sandal hias, celengan, kerudung sulam, dan produk kerajinan lainnya.

Sejarah terbentuknya Kampoeng Craft Panmas berawal dari pelatihan yang diberikan oleh dinas-dinas di pemerintah kota Depok. Beberapa lama kemudian setelah pelatihan berjalan dan ada perkembangan maka diresmikanlah Kampoeng Craft Panmas pada Oktober 2017. “Untuk pelatihan, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan pemerintah kota Depok yang memberikan pelatihan pada kami” jelas Lia Marliana yang menjabat sebagai wakil ketua di Kampoeng Craft Panmas pada UKM Zone.

Lebih lanjut Lia menjelaskan, tiap anggota Kampoeng Craft Panmas masing-masing memiliki produk sendiri namun saat ada banyak pesanan, para anggotanya saling membantu karena pada dasarnya para anggota Kampoeng Craft Panmas memiliki keahlian yang sama dalam membuat produk kerajinan.

Saat ini Kampoeng Craft Panmas memiliki 30 orang anggota dan memliki struktur organisasi. Dalam hal penjualan jika ada transaksi maka akan dimasukkan ke dalam kas.

Untuk pemasaran, saat ini pemasaran produk kerajinan/craft Kampoeng Craft Panmas masih terbatas melalui teman, bazar/pameran dan sosial media. “Untuk pengiriman terjauh kami juga pernah mengirim produk kami ke tegal dan mengenai pelatihan selain kami mendapatkan pelatihan dari dinas, kami para anggota juga terus mengembangkan/melatih diri kami dengan terus belajar berinovasi dalam membuat produk” papar Lia.

Kini Kampoeng Craft Panmas sering diminta oleh daerah lain di wilayah Depok untuk memberi pelajaran/pelatihan membuat barang/produk craft karena Kampoeng Craft Panmas adalah sebuah bentuk percontohan.

Kedepan, Lia dan para anggota Kampoeng Craft Panmas ingin pemasaran produk kerajinan Kampoeng Craft Panmas diperluas baik melalui pemasaran online atau juga dengan sistem reseller.

Source https://www.ukmzone.com https://www.ukmzone.com/2018/06/ragam-produk-kerajinan-kampoeng-craft-panmas-depok.html
Comments
Loading...