Kerajinan Kancing Besi Di bandung

0 296

Kerajinan Kancing Besi Di bandung

Karena berbahan dasar limbah, banyaknya produksi kancing besi milik usaha rumahan Mumud Mahmudin tergantung jumlah besi limbah yang ada. Namun meski begitu, pria asal desa Cibeusi Kecamatan Jatinangor tersebut tidak mau mengambil bahan baku selain limbah yang sudah tak terpakai. Hal tersebut diungkapkan Mumud Mahmudin di tempat usahanya di Cibeusi, Jatinangor.

“Kalau pakai bahan baru dan bukan limbah, biayanya lebih besar. Selain itu saya ingin memberikan kontribusi pada lingkungan, anggaplah saya mengurangi limbah besi,” ujar Mumud.

Mumud memang memproduksi kancing besi untuk jok sepeda motor, sofa, dan topi. Kancing dijualnya bervariasi, ada yang kiloan ada pula yang per bungkus. Untuk per bungkus, satu bungkus ada yang berisi 200 kancing, ada pula yang berisi 300 kancing, tergantung pesanan pelanggan.

Kancing-kancing buatan Mumud sendiri sudah dipasarkan di dua kota, yaitu Bandung dan Sumedang. Semua alat untuk produksi kancing, Mumud buat sendiri menggunakan besi-besi rongsok sisa mesin-mesin. “Saya rakit sendiri pakai besi lempeng. Di toko mana ada yang menjual alatnya,” ujar Mumud.

Source http://jabar.tribunnews.com http://jabar.tribunnews.com/2017/07/20/mumud-produksi-kancing-besi-dari-limbah-dengan-alat-buatan-sendiri
Comments
Loading...