Kerajinan Kaos ‘Unchai’ Di Bogor

0 221

Kerajinan Kaos ‘Unchai’ Di Bogor

UKM di Kota Bogor yang memproduksi oleh-oleh khas Bogor berupa kaos, Unchal, kini hadir di Galery Kerajinan, Botani Square.

Menurut Pengelola Galeri Kerajinan Saepudin Zuhri, Unchal hanya memprouksi fashion yang memiliki kekhasan yakni motif yang ada dikaos lebih kepada hal-hal yang menjadi khas Bogor.

Hal lain yang membedakan Unchal dengan kaos lainnya yakni, tidak menggunakan plastik sebagai pengepakan tapi menggunakan tas kertas khas Unchal.

“Banyak yang produksi kaos. Tapi Unchal berbeda dengan lain. fokus semua tentang Bogor  dari kata-kata atau gambar tertentu,” ungkap Saepudin Zuhri.

Walaupun produksi UKM, untuk kualitas bahan maupun penyablonan motif dipastikan sudah berkualitas. Bahan yang digunakan jenis katun dan untuk warna serta hal lainnya dijamin akan lebih tahan lama. Sampai saat ini, untuk pilihan motif dan warna termasuk ukuran cukup beragam.

“Sudah disesuaikan dengan pasar. Ada kombinasi warna dan juga satu warna saja,” ungkapnya singkat. Sedangkan ukuran tersedia untuk anak-anak dan dewasa baik itu pria maupun wanita, dari mulai XS, S, M, L, XL dan XXL. Model kaos sendiri ada lengan pendek, 7/8 dan panjang.

Sementara harga disesuaikan dengan ukuran dan model. Anak-anak dibanderol dengan harga Rp70.000 dan dewasa lengan pendek dibanderol harga Rp95.000 serta 7/8 dan panjang dibanderol harga Rp100.000.

Unchal juga menerima orderan dengan model, motif dan ukuran tertentu sesuai selera konsumen. Hanya untuk pemesanan tertentu harga akan sedikit berbeda, lebih mahal. “Untuk kualitas tetap sama,” terangnya. Pemesanan harus jauh-jauh hari, agar proses produksi berjalan baik dan dalam pengerjaam tidak sembarangan. Termasuk untuk mencari stok bahan baik itu bahan kaos.

 

Tak hanya kaos, Unchal juga menyediakan berbagai jenis aksesoris dan sweater. Produk Unchal juga dapat ditemukan di Dekranasda Kota Bogor, Jalan Bina Marga. Tambahnya juga showroom di Jalan Ceremai no 1 Keluarhan Babakan, Bogor Tengah serta juga beberapa tempat lain. Sejauh ini omset Unchal di Galery Kerajinan Rp5.000.000-10.000.000 per bulan.

Source https://bogor.pojoksatu.id https://bogor.pojoksatu.id/baca/wow-galeri-kerajinan-bogor-kini-dilengkapi-oleh-unchal
Comments
Loading...