Kerajinan Kapal Otok-otok Di Cirebon

0 305

Kerajinan Kapal Otok-otok Di Cirebon

Mainan kapal unik satu ini yang sering kita sebut dengan istilah kapal otok-otok, mungkin nama “kapal otok-otok” di ambil dari bunyi mainan itu sendiri ketika di nyalakan. Keunikan mainan ini adalah dari bahanya yang menggunakan kaleng atau sengyang di rakit sedemikian rupa sehingga menghasilkan bentuk kapal perang dan perajurit bersenjata di bagian depan, dan hal yang terunik dari mainan kapal otok otok adalah dari penggraknya yang tidak menggunakan batrei atau listri, melainkan menggunakan minyak goreng yang di beri kapas sedikit sebagai sumbu pembakarnya, dan kemudian di bakar untuk mengahasilkan uap panas sebagai pendorong mainan kapal satu ini, bersamaan dengan berjalannya kapal bunyi suara khas “otok-otok” berbunyi sehingga menghasilkan sensasi tersendiri bagi para pecintanya.

Kerajinan Perahu Otok-Otok adalah suatu kerjainan yang berada di Desa Jemaras Lor, Kecamatan Klangenan, Kabupaten Cirebon. Lebih tepatnya di tempat Bapak Maoni kerajinan turun temurun yang di kelola oleh keluarganya terlebih dahulu. Bapak Maoni memulai usaha ini pada tahun 1996 dan sampai saat ini wirausaha Bapak Maoni masih berjalan dan menjual berbagai macam maiinan tradisional lainnya.

Untuk anda yang berminat atau mau pesan bisa menghubungi contact person 082126941522/ bisa langsung datang ke rumah Bapak Maoni di Desa Jemarsa Lor. Untuk masalah haarga bisa negosiasi dan bagi anda yang dari luar Jawa bisa pengiriman lewat paket.

Source http://wirausahakapalotok-otok.blogspot.co.id http://wirausahakapalotok-otok.blogspot.co.id/2015/04/wirausaha-tradisional-perahu-otok-otok.html http://pengrajinkapalotok.blogspot.co.id/2015/04/kerajinan-kapal-otok-otok-cirebon.html
Comments
Loading...