Kerajinan Karangan Bunga Di Solo

0 309

Kerajinan Karangan Bunga Di Solo

Ufi, pemilik toko bunga Kantil Buana di jalan Slamet Riyadi, Solo, mengatakan, kendati belum mendapatkan pesanan karangan bunga, dirinya sudah mempersiapkan material karangan bunga. Seperti papan, dudukan papan, sterofoam, dan bunga. Persiapan material itu untuk mengantisipasi lonjakan pesanan nantinya.

Ufi menambahkan, toko bunga miliknya sudah menjadi langganan beberapa pejabat daerah, perusahaan, bank, sampai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Budi Gunawan.

“Dari pengalaman saat pernikahan Gibran Rakabuming Raka, putra pertama Presiden Joko Widodo, ramai pesanan biasanya H-14 sampai H-7 sebelum acara” ujar wanita berjilbab ini. Dalam satu hari, toko bunga Kantil Buana bisa mengerjakan 30 sampai 40 karangan bunga.

Untuk menyelesaikan pesanan tersebut, Ufi mengaku, ia dan pekerja nya harus lembur sampai tidak tidur. Harga yang ditawarkan toko bunga Kantil Buana pun bervariasi, mulai Rp. 500 ribu untuk ukuran 2 x 1,5 meter, sampai Rp. 3 juta untuk ukuran 2 x 2 meter.

Besaran harga juga dapat dipengaruhi oleh permintaan permintaan khusus dari pemesan, dan untuk kapan karangan bunga tersebut dikirimkan. “Semakin banyak permintaan khusus dan dekatnya waktu antara pemesanan dan kebutuhan, maka harga karangan bunga semakin mahal,” ujar Ufi. Omzet yang didapatkan juga tidak main-main. Bisa mencapai Rp 30 juta sampai Rp 100 juta lebih.

Kelebihan dari toko bunga Kanti Buana, menurut Ufi, jika pemesan tidak menambahkan permintaan khusus, Ufi biasanya mencari sesuatu yang menjadi ciri khas dari pemesan. Contohnya, jika pemesan merupakan anggota partai tertentu, maka Ufi membuat karangan bunga dengan warna yang dominan dengan partai tersebut.

Hal ini menurutnya, secara tidak langsung memberi kesan kepada pemesan bahwa toko Bunga Kanti Buana mengerti kemauan dari pemesan, tanpa pemesan harus memberikan permintaan khusus.

“Cara itu terbukti berhasil membuat para pelanggan tidak kabur, dan tetap memesan karangan bunga di toko bunga Kanti Buana,” tambahnya.

Source http://www.tribunnews.com http://www.tribunnews.com/nasional/2017/09/21/pengrajin-karangan-bunga-langganan-budi-gunawan-bersiap-jelang-pernikahan-kahiyang-ayu?page=2
Comments
Loading...