Kerajinan Kartu Pos Batik Di Yogyakarta

0 123

Kerajinan Kartu Pos Batik Di Yogyakarta

Usaha bidang craft dengan nama “Kartu Pos Batik” ini dimulai oleh Ani sejak januari 2012 dengan modal awal kurang lebih satu juta rupiah. “Saya menyukai fotografi, oleh karena itu, saya diminta untuk memotret produk batik cap kakak saya untuk diupload ke dunia maya. Berawal dari hal tersebut, saya kemudian berpikir, produk apa yang dapat saya jual dengan menggunakan foto-foto batik koleksi saya” kisahnya

Ani memutuskan untuk membuat kartu pos batik setelah browsing di internet. Di sana Ani menemukan ada komunitas pecinta kartu pos yang masih aktif berkirim kartu pos. Selain itu, Ani juga menemukan banyak toko souvenir di Jogja yang menjual kartu pos.

Dalam usaha yang dijalaninya ini Ani membuat berbagai macam produk yaitu

  • Kartu Pos Batik
  • Gantungan Kunci Batik
  • Pembatas Buku Batik
  • Kartu Pos Jogja
  • Kartu Pos Wastra
  • Kartu Pos Nusantara

Kelebihan produk kartu pos milik Ani terletak pada gambar batik dengan cerita / sejarahnya sedangkan pada produk kompetitor lainnya hanya bergambar pemandangan saja.

“Pada awal usaha, semua saya kerjakan sendiri, dari desain awal sampai proses pengemasan. Saat ini setiap kali ada order banyak, saya pekerjakan tetangga sebelah rumah untuk membantu packing kartu pos” ujar Ani.

Ani yang tergabung dalam komunitas ukm Rumah Kreatif Jogja – Rumah Kreatif BRI Jogja ini kedepan ingin mengembangkan produknya dengan mendokumentasikan/membuat kartu pos dengan motif kain etnik yang ada di seluruh Indonesia dan membuka kesempatan bagi yang ingin bermitra menjadi reseller.

Source https://www.ukmzone.com https://www.ukmzone.com/2018/05/kartu-pos-batik-produk-ukm-umkm-ikm-milik-ani-dari-yogyakarta.html
Comments
Loading...