Kerajinan Karung Goni Di Siwalan

0 148

Kerajinan Karung Goni Di Siwalan

Karung goni bukan hanya menjadi tempat untuk menyimpan barang atau membawa barang ke pasar atau ke lain tempat. Ternyata dibalik kesederhanaan dari karun goni tersimpan potensi yang besar. Terbukti oleh pemuda asal Desa Rembun yang bernama Agus Salim yang berhasil meraup pundi-pundi rupiah dari karung goni ini. KKN TIM 1 UNDIP 2018 melakukan survei ke UMKM milik Agus Salim ini yang berletak di Duku Rembun RT 01 RW 06.

Agus memulai ceritanya dengan pekerjaannya dulu sebagai seniman di Kota Pelajar. Satu tahun sudah beliau melakukan pekerjaannya tersebut di Jogja dan memutuskan untuk kembali ke desanya. Di tengah perjalanan dia melihat karung goni dan muncullah inspirasi untuk membuat kerajinan tangan dari bahan karung goni. Alhasil, pada sekitar tahun 2012 atau 2013 Agus mulai memproduksi kerajinan tangannya ini. Terciptalah figure berupa sosok petani dengan berbagai atributnya yang melekat di badannya.

Tidak terbatas pada itu saja, kerajinan buatannya bisa menyesuaikan dengan pesanan dari pelanggan. Tidak ada kesulitan yang berarti yang dialami oleh Agus karena  menganggap ini sebagai hobi dan menikmatinya. Hingga sekarang, dengan 2 orang karyawannya, kerajinan tangan milik Agus ini sudah dipasarkan ke Jogja dan Bali dengan omset yang cukup besar. Bisa dikatakan, kadang suatu hal kecil bisa menjadi besar dengan kreativitas manusia.

Source http://kkn.undip.ac.id/?p=38192 http://kkn.undip.ac.id/?p=38192
Comments
Loading...