Kerajinan Karung Goni di Sukabumi

0 343

Kerajinan Karung Goni

Pelaku usaha yang memanfaatkan barang bekas atau limbah yang sudah tidak terpakai yang diubah menjadi produk bernilai jual tinggi. Kreativitas tersebut misalnya dilakoni Abah Iwan atau sering disebut Abah Goni di Kampung Cijagung Paninengan RT 31 RW 08, Desa Gedepangrango, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi.
Sosok tersebut mengolah barang bekas karung goni. Bahan karung goni yang sebelumnya dipakai untuk membawa beras maupun kacang kini diubah menjadi kerajinan berbagai macam produk. Misalnya menjadi bahan utama pembuatan tas ransel, tas rajut, rompi, celana, gelang, dan topi.
Karung goni dipilih sebagai bahan utama pembuatan produk terang Iwan karena dinilai unik dan mempunyai kekuatan. Untuk membuat kerajinan karung goni, Abah Iwan memberdayakan warga di sekitar tempat tinggalnya. Terutama kalangan ibu-ibu dan bapak-bapak.
Produk UKM kerajinan karung goni dari Kadudampit ini sudah merambah hampir ke semua wilayah di nusantara, di antaranya Jakarta, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Yogyakarta, Bali, dan Lombok. Lokasi pemasaran produk UKM tersebut biasanya di sejumlah lokasi wisata yang banyak didatangi turis asing dari mancanegara. Abah Iwan mengungkapkan setiap harinya ia harus membayar produk kerajinan dari warga sebesar Rp 120 ribu hingga Rp 150 ribu. Jumlah tersebut dinilai cukup membantu warga dalam membiayai kebutuhan hidup sehari-har
Source Kerajinan Karung Goni di Sukabumi Kerajinan Karung Goni di Sukabumi
Comments
Loading...