Kerajinan Karya Seni Siluet Di Bandung Barat

0 280

Kerajinan Karya Seni Siluet Di Bandung Barat

Suasana terik di siang hari nampaknya tak menyurutkan niat Rohimat Hermawan untuk membuat sebuah siluet. Tangan pria yang akrab dipanggil Herwan, sangat cekatan membentuk setiap detail wajah para tokoh. Bahkan, dirinya tidak membutuhkan waktu yang lama untuk membuat siluet tersebut. Sekitar dua jam, dirinya bisa menyelesaikan wajah Proklamator Indonesia.

Tidak hanya siluet art, Herman juga mahir dalam membuat, seperti kaligrafi, tatakan gelas, standing phone, nomor meja kafe, serta poster art vintage. Sasaran pasar yang dirinya bidik selain individu, dirinya juga membidik kafe, hotel, restoran juga toko dan salon.

Uniknya, karya seni tersebut dibuat dengan modal yang minimalis. Hampir 90 persen karyanya berbahan baku limbah industri. Diantaranya, kayu dari limbah obat-obatan, palet dari limbah kayu, dan mesin dirakit dari pompa air sama kompresor kulkas bekas. Biasanya, bapak dua orang anak ini, membuat siluet tersebut di rumahnya di Kampung Caringin RT 5/1 Desa Mekarjaya, Kecamatan Ngamprah, Bandung Barat

Diakui olehnya, kecintaan terhadap seni sudah lama sekali. Dia menaksir sudah 20 tahun dirinya mencintai karya seni. Dirinya menekuni siluet para tokoh ini, sejak tiga tahun yang lalu. Tepatnya, setelah resign dari sebuah perusahaan yang digelutinya selama tiga tahun di Kecamatan Ngamprah.

‪Terdesak kebutuhan ekonomi untuk membiayai kehidupan sehari-hari, Herman kelahiran Padalarang ini, terus berusaha keras demi menghidupi keluarganya. Herman kembali berusaha mencari peluang pekerjaan lain.

Di usia yang sudah tak muda lagi, tentunya menjadi kendala besar baginya untuk bersaing dengan para pencari kerja. Namun, dirinya tidak putus asa. Berbagai kemajuan teknologi dimanfaatkan olehnya untuk mencari inovasi.

Hingga akhirnya Herman memutuskan untuk berbisnis melalui kerajinan seni siluet tokoh/orang. ”Ini keahlian yang saya miliki untuk dijadikan usaha,” papar Herman kepada Bandung Ekspres ditemui dirumahnya, belum lama ini.

Dirinya bersyukur. Semenjak fokus pada usaha karya seni ini, rezeki mulai datang kembali begitu cepat. Tak tanggung-tanggung, hasil karyanya ini dipesan pecinta siluet dari berbagai kota di Jawa Barat.

Kebanyakan pemesanan dari wilayah Jakarta, Bekasi dan Tangerang. Tak heran bila pendapatan yang diraihnya dapat memenuhi kehidupan sehari-hari. ”Untuk masalah harga sendiri, produk tersebut dijual kisaran Rp150 ribu hingga Rp500 ribu,” paparnya.

Dalam sehari dirinya bisa menyelesaikan lima hingga delapan pesanan berukuran lingkaran berdiameter 30 hingga 40 cm. ”Ukurannya bisa macam-macam, bisa persegi atau lingkaran, tapi kebanyakan yang lingkaran, karena bahannya yang saya beli sudah berbentuk lingkaran,” katanya.

Walaupun sudah banyak memiliki pesanan, pihaknya mengaku masih kesulitan untuk pemesanan.  Sebagai media pemasaran, saat ini dirinya masih memanfaatkan media sosial seperti Instagram dan Facebook.

Source http://jabarekspres.com http://jabarekspres.com/2016/karya-seni-siluet-para-tokoh-berbahan-baku-limbah-industri/
Comments
Loading...