Kerajinan Kasur Di Desa Jekawal

0 132

Kerajinan Kasur Di Desa Jekawal

Tidur adalah istirahat yang paling sempurna, maka wajar jika banyak orang amat menghargai waktu tidur karena berguna untuk memperbaharui sel-sel yang mati. Kasur yang empuk, nyaman, tentu menjadi pilihan semua orang. Dari harha ratusan ribu hingga puluhan juta semuanya tinggal pilih. Desa Jekawal Kec. Tangen. banyak penduduknya yang berprofesi sebagai pengrajin Kasur Kapuk dengan harga terjangkau bisa menjadi alternatif untuk urusan tidur. Pengrajin kasur saat ini semakin sulit mencari bahan baku kapuk randu disamping pemasaran yang juga mengalami kendala.

Pembuatan kasur dilakukan melalui beberapa tahap, antara lain ; memotong kain yaitu memotong kain dalam bentuk ukuran kasur yang dibutuhkan, menggendir dengan menjahit bagian-bagian kain berbentuk kotak-kotak kecil kemudian menyodok/mengisi kasur dengan kapuk. Kapuk yang dipilih adalah kapuk randu pilihan yang sudah melalui proses dengan menjemur, dan menyabat (memisahkan antara biji, ati dan kapuk) yang menghasilkan kapuk bersih yang siap diisikan ke dalam kain kasur. Terakhir kasur siap dikemas dengan plastik guna menghindari kotor dan basah. Kebanyakan, para ahli pembuat kasur, bantal, dan guling di Desa Jekawal memilih bahan dari kapuk pilihan karena tidak ingin mengecewakan pelanggan atau konsumennya.

Kesulitan yang dihadapi oleh para pembuat kasur kapuk ini adalah persaingan dengan produk-produk kasur modern, seperti kasur busa, springbed, kasur bulu angsa, dan kasur air, meskipun ukuran kasur kapuk bisa sangat fleksibel dibuat sesuai dengan permintaan. Rata-rata pengrajin kasur enggan menstok dagangannya karena keterbatasan modal dan sulitnya pemasaran, artinya pengrajin akan membuat kasur jika ada pesanan. Hingga kini pengrajin kasur dari Jekawal Tangen ini masih bertahan walaupun dibanjiri produk pabrikan yang modelnya lebih modern.

Source http://www3.sragenkab.go.id http://www3.sragenkab.go.id/berita/berita.php?id=9748
Comments
Loading...