Kerajinan Kasur Di Tangen

0 111

Kerajinan Kasur Di Tangen

Ingin mendapatkan kasur yang empuk, nyaman, dan hangat tapi harganya bersahabat? Pilih saja kasur kapuk alami dari Desa Jekawal Kec. Tangen. Di desa ini, banyak penduduknya yang berprofesi sebagai pengrajin Kasur Kapuk, dan anda bisa memilih model, kualitas, dan harga sesuai yang anda inginkan.

Di Dukuh Bokoran, Rt 12 Desa Jekawal, terdapat seorang pengrajin yang hasilnya banyak dikomentari memuaskan oleh para warga, yaitu Ibu Sri. Olehnya, Kapuk randu bersih + 20 Kg, kain loreng dan 3 Rol Benang dapat disulap menjadi sebuah kasur empuk nan hangat dalam 2 hari saja.

Dijelaskan oleh Bu Sri, pembuatan kasur dilakukan melalui beberapa tahap, antara lain ; memotong kain yaitu memotong kain dalam bentuk ukuran kasur yang dibutuhkan, menggendir dengan menjahit bagian-bagian kain berbentuk kotak-kotak kecil kemudian menyodok/mengisi kasur dengan kapuk. Kapuk yang dipilih adalah kapuk randu pilihan yang sudah melalui proses dengan menjemur, dan menyabat (memisahkan antara biji, ati dan kapuk) yang menghasilkan kapuk bersih yang siap diisikan ke dalam kain kasur. Terakhir kasur siap dikemas dengan plastik guna menghindari kotor dan basah. Kebanyakan, para ahli pembuat kasur, bantal, dan guling di Desa Jekawal memilih bahan dari kapuk pilihan karena tidak ingin mengecewakan pelanggan atau konsumennya.

Kesulitan yang dihadapi oleh para pembuat kasur kapuk ini adalah persaingan dengan produk-produk kasur modern, seperti kasur busa, springbed, kasur bulu angsa, dan kasur air, meskipun ukuran kasur kapuk bisa sangat fleksibel dibuat sesuai dengan permintaan. Namun sekali lagi pemasaran kasur yang semakin sering dijemur akan semakin empuk ini terhambat dengan terbatasnya modal. Seperti yang diungkapkan Ibu Sri yang ingin sekali membuat usahanya menjadi lebih maju dan berkembang tetapi modalnya kurang, karena pembuatan kasur, bantal, guling itu hanya pekerjaan sampingan apabila ada orang yang memesannya.

Source http://www.sragen.go.id http://www.sragen.go.id/berita-1238-kasur-hangat-dan-bersahabat-dari-tangen.html
Comments
Loading...