Kerajinan Kasur Kapuk Di Desa Bajang

0 145

Kerajinan Kasur Kapuk Di Desa Bajang

Siang yang terik dimanfaatkan oleh warga Desa Bajang, Kecamatan Balong, Ponorogo untuk menjemur kapuk. Terlihat salah seorang wanita memakai penutup kepala dan mulut lengkap dengan kayu sebagai pengaduk-aduk kapuk di dalam sebuah jaring yang terpasang di halaman rumah.

Ada pula wanita yang terlihat menjahit kasur yang sudah diisi kapuk di dalam rumah. Di sini, mayoritas warganya memang bekerja sebagai pembuat kasur kapuk.

Meski seiring berkembangnya zaman, masyarakat lebih memilih kasur busa atau matras sebagai alas tidur, ternyata di Desa Bajang masih banyak warga yang menggantungkan hidupnya dari proses pembuatan kasur kapuk.

Salah satu perajin kasur kapuk, Mbah Cepluk menjelaskan setiap harinya mampu memproduksi tiga buah kasur kapuk dibantu oleh enam orang karyawannya.

Proses pembuatan kasur kapuk terbilang mudah. Pertama, kapuk dijemur hingga kering kemudian kapuk tersebut dibersihkan dengan cara diblower dalam mesin untuk memisahkan antara kapuk dengan biji kapuk.

Kemudian, kain sesuai ukuran yang diinginkan dijahit dan dibentuk cuki atau pentolan. Setelah itu diisi dengan kapuk hingga penuh dan dijahit lagi hingga empat kali.

Source https://www.liputan6.com https://www.liputan6.com/regional/read/3272039/sentra-industri-langka-kampung-kasur-kapuk-di-ponorogo
Comments
Loading...