Kerajinan Kasur Kapuk Di Mojotengah

0 146

Kerajinan Kasur Kapuk Di Mojotengah

Desa Mojotengah, Kecamatan Sukorejo, selama ini juga dikenal sebagai desa penghasil kapuk dan kapas. Banyaknya kapuk inilah yang kemudian menimbulkan jiwa kreatif warga.

Mereka berusaha berinovasi dengan mengembangkannya menjadi produk berupa aneka kasur. Mayoritas berupa kasur palembang. Karenanya, desa yang berbatasan dengan Kecamatan Pandaan, ini dikenal sebagai pusat home industry kasur di Kecamatan Sukorejo, selain Desa Suwayuwo.

“Usaha ini turun temurun. Sudah ada sejak lama dan bertahan hingga sekarang. Bisa dikatakan, saat ini penerusnya masuk generasi kedua dan ketiga,” ujar Kepala Desa Mojotengah Moch. Sifak.

Ada ratusan kepala keluarga yang menekuni usaha pembuatan kasur ini. Mereka tersebar di empat dusun. Mereka mengolah bahan dasar berupa kapas, dacron, dan spon menjadi beragam aneka kasur. Para perajin ini juga menerima pesanan sesuai permintaan kosumen. “Proses pembuatannya di rumah-rumah warga atau home industry. Semuanya masih menggunakan cara tradisional,” ujarnya.

Meski sudah bertahun-tahun, bisnis pembuatan kasur ini tetap menjanjikan. Bahkan, hasil produksi para perajin di desa ini juga laku keras di pasaran. Bahkan, pasarnya kini tak hanya di pulau Jawa. Namun, juga tembus ke luar pulau seperti Bali, Sumatera, bahkan hingga luar negeri, seperti Malaysia dan India.

“Kualitas produknya tidak kalah dengan daerah lain. Terbukti di lapangan barang dari sini laku keras. Sehingga, mampu mencukupi kebutuhan perekonomian para pelaku usaha dan pekerjanya,” ujar Sifak.

Sifak mengaku, pihaknya akan terus berusaha membantu warganya untuk mengembangkan usahanya. Salah satunya membantu dalam bidang pemasaran. Ia mengaku, pihaknya aktif mengikutsertakan hasil karya warganya dalam sejumlah kegiatan pameran. “Mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten, hingga provinsi kami ikutkan,” ujarnya

Source https://radarbromo.co.id https://radarbromo.co.id/2018/09/06/inilah-usaha-kasur-di-desa-mojotengah-yang-turun-temurun-dan-tembus-pasar-luar-negeri/
Comments
Loading...