Kerajinan Kasur Lantai Desa Tanjungsiang

0 136

Kerajinan Kasur Lantai Desa Tanjungsiang

Desa tanjungsiang merupakan sebuah desa yang sangat menakjubkan, selain dengan potensi alam yang sangat menawan, masyarakat desa tanjung siang merupakan masyarakat kreatif yang memiliki banyak ketrampilan sehingga berguna sebagai mata pencaharian mereka dan memajukan ekonomi desa.

Hampir di setiap kampung atau RW di desa tanjungsiang memiliki sebuah sentra pengrajin khas dari ketrampilan warganya, salah satu kerjinan khas dari desa tanjung siang adalah Kasur lantai, kerajinan kasur lantai desa tanjung siang merupakan kerajinan yang terbuat dari limbah kain majun (bekas potongan potongan kain) yang kemudian di giling  dan menjadi potongan potongan kecil. Potongan potongan kain majun ini akan menjadi isian dari kasur lantai, yang bagian luar nya telah di pola sebelum nya.

Ada beberapa macam kasur lantai yang dengan design gambar yang bermacam macam, dengan berbagai varian ukuran dan harga, mulai dari ukuran 190 x 130cm dengan harga + Rp 70.000 /pcs dan ukuran 200 x 140cm dengan harga + Rp 110.000/pcs

Kerajinan kasur lantai di tanjungsiang sebgian besar berada di kampung manalangu dan cikembang, kedua kampung ini merupakan wilayah di desa tanjungsiang yang berada di RW 08, di wilayah ini bisa dengan mudah kita jumpai para pengrajin yang sedang mengerjakan pembuatan kasur lantai.

Proses pembuatan kasur ini di mulai dari penghalusan majun (sisa sisa potongan kain) menggunakan mesin, kemudian majun yang telah halus dimasukan kedalam bahan yang yang telah di pola dan di jahit, kasur lantai dari wilayah ini banyak yang di kirim ke daerah daerah baik di pulau Jawa maupun luar pulau Jawa.

Dari hasil kretifitas ini, masyarakat desa Tanjung Siang bisa mendapatkan omset dan pendapat yang cukup besar dan dapat membantu pemerintah desa dalam menciptakan lapangan pekerjaan.

Source https://desatanjungsiang.wordpress.com https://desatanjungsiang.wordpress.com/2018/08/08/pengrajin-kasur-lantai-desa-tanjungsiang/
Comments
Loading...