Kerajinan Kawat Monel Di Surabaya

0 168

Kerajinan Kawat Monel Di Surabaya

Siapa sangka hanya dengan memanfaatkan bahan baku kawat, mampu menghasilkan kerajinan tangan yang kreatif dan menarik. Seperti yang dilakukan warga Tenggumung Baru Selatan, Surabaya, Sri Andriani. Ia memanfaatkan kawat sebagai bahan dasar untuk membuat beragam aksesoris menarik. Sri Andriani pun mewadahi produk-produk handycraft kawatnya itu dengan brand Puspa Zary.

Sri mengatakan, awal mula membuat kerajinan ini ketika dirinya mengikuti pelatihan dari kelurahan untuk membuat aksesoris pada tahun 2010 lalu.

“Awal mulanya membuat aksesoris ini ketika ikut pelatihan handycraft dari instansi dinas dan kelurahan,” kata Sri Andriani. Maka bermodalkan uang Rp 300 ribu saat itu, wanita kelahiran Nganjuk ini mampu menghasilkan produk-produk aksesoris dengan jumlah yang cukup banyak.

Kawat yang dipakai untuk membuat aksesoris ini juga tidak bisa sembarangan. Menurut Andriani kawat yang dipakai harus khusus untuk pembuatan handycraft. Ini untuk menjaga kualitas produknya. “Kawat yang dipakai kawat monel, karena kawat tersebut tidak berkarat,” imbuhnya.

Berbagai aksesoris yang dibikinnya terlihat menarik, karena Sri memadukannya dengan berbagai bahan lain, mulai benang sulam yang warna warni, lalu batu, hingga manik-manik. Kerajinan kreatif ini ia buat dibantu beberapa rekannya jika permintaan pasar sedang naik.

Ada banyak aksesoris yang terbuat dari kawat monel yang diciptakan Andriani, seperti bros, kalung, peniti, cincin. Untuk harganya pun dipatok bervariasi mulai dari Rp 25 ribu hingg Rp 70 ribu untuk bros. Sedangkan untuk kombinasi dengan batu dipatok dari harga Rp 50 ribu hingga Rp 200 ribu. “Untuk harga saya patok tergantung motif dan bahan tambahannya, ” jelasnya.

Kini produk Puspa Zary tidak hanya dikenal di lingkup Jawa Timur saja. Sri pun memaparkan, kerajinan tangan produknya ini sudah memenuhi permintaan pasar hingga luar pulau Jawa, seperti ke Ambon.

Sistem penjualan yang dipakai Andriani sendiri melalui offline dengan mengikuti pameran-pameran dan sistem online. Tak heran jika omset yang ia dapat selama menggeluti kerajinan ini terus meningkat. 

Source https://www.sureplus.id https://www.sureplus.id/2018/04/25/manfaatkan-kawat-monel-bikin-bros-kalung-dan-cincin-menarik/
Comments
Loading...