Kerajinan Kayu Kelapa Di Bangka Tengah

0 202

Kerajinan Kayu Kelapa Di Bangka Tengah

Langkanya kayu-kayu jenis tertentu, membuat sejumlah pengrajin kayu harus memutar otak agar bisa terus memproduksi guna meneruskan usahanya. Seperti yang dilakukan oleh sejumlah pengrajin kayu di Desa Kurau Barat Kecamatan Koba Kabupaten Bangka Tengah yang memanfaatkan batang kelapa untuk membuat sejumlah furniture yang memiliki nilai ekonomis tinggi.

Pemkab Bangka Tengah melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disperindagkop UKM) melihat peluang usaha ini sangat baik. Apalagi banyak ditemukan pohon kelapa di daerah ini yang sudah tidak produktif, sehingga sangat disayangkan jika tidak dimanfaatkan secara maksimal. Hal inilah membuat pihak Disperindagkop UKM Bangka Tengah menggelar pelatihan pembuatan berbagai jenis furniture dari bahan baku pohon kelapa.

Useng Komara mengatakan prospek pengembangan usaha ini sangat menjanjikan. Karena bahan bakunya sangat mudah didapat. Selain itu, hal ini juga dapat menekan tingginya harga bahan baku saat ini. “Prospek usaha ini sangat baik. Karena yang utama itu bahan bakunya mudah didapat dan murah. Nah, untuk usaha furniture dari bahan baku pohon kelapa ini, bahan bakunya tersebar di seluruh daerah kita,” ujarnya.

Useng mengungkapkan dengan bahan baku yang mudah didapat dan murah, tentunya akan mempercepat pengembangan usaha furniture ini. Sebab, harga yang dijual di pasaran bisa bersaing. “Kalau bahan baku murah, harga bisa bersaing dan produk yang dihasilkan bisa dengan cepat terjual. Apalagi saya lihat produk-produk yang dihasilkan, kualitasnya tidak kalah baik dengan bahan kayu,” ungkapnya.

“Selain itu, harganya jual dibawah harga jual produk furniture kayu. Jadi, ini usaha yang sangat menjanjikan,” sambungnya.

Dengan pengembangan kerajinan ini, Useng berharap kedepannya sektor ini mampu memberikan lapangan kerja baru bagi masyarakat. Apalagi pengembangan kerajinan ini didukung penuh oleh Pemprov Bangka Belitung. “Mudah-mudahan pengembangan kerajinan ini benar-benar dapat ditekuni oleh masyarakat, sehingga dapat memberikan dampak positif terhadap peningkatan perekonomian daerah kita,” harapnya

Source http://babelpos.co http://babelpos.co/2017/04/kayu-kelapa-mulai-dimanfaatkan-para-pengrajin/
Comments
Loading...