Kerajinan Kayu Manis Di Desa Nangkaan

0 249

Kerajinan Kayu Manis Di Desa Nangkaan, Bondowoso

Tumbuhan yang disebut Cinnamomum verum alias kayu manis ternyata tidak sekadar untuk bumbu makanan. Di tangan Rosalina, warga Nangkaan, Bondowoso, Jawa Timur, kayu manis bisa disulap menjadi kerajinan menarik. Di antaranya beragam kotak manis tempat tisu, alat tulis, dan tempat alat kecantikan atau perhiasan.

Tidak sebarang kayu manis yang dipilih Rosalina dalam membuat kerajinan. Kayu manis harus berwarna cokelat kehitam-hitaman, dan beraroma wangi yang kuat. Batang kayu manis kemudian direndam selama dua jam dan dikeringkan. Bahan yang digunakan untuk kerajinan ini juga tidak boleh berjamur.

Setelah batang kayu manis kering, diukur sesuai pola dengan penggaris. Setelah itu dipotong-potong dan diukir. Proses membentuk motif ini sangat penting. Perajin dituntut penuh hati-hati dan telaten. Namun jika sudah terbiasa, semua proses itu bukan lagi menjadi halangan.

Kerajinan kayu manis dijual dengan harga Rp 65-75 ribu. Peminat kerajinan ini memang datang dari berbagai penjuru, baik dalam negeri maupun mancanegara. Bayangkan, omzet usaha Rosalina untuk di Bondowoso saat ini saja bisa mencapai Rp 3 juta setiap kali kirim.

Source http://news.liputan6.com http://news.liputan6.com/read/138715/kerajinan-kayu-manis-dari-bondowoso
Comments
Loading...